DetikSport
Minggu 16 Juli 2017, 20:56 WIB

Penegasan Dominasi Hamilton, Duka untuk Vettel

Lucas Aditya - detikSport
Penegasan Dominasi Hamilton, Duka untuk Vettel Pebalap Mercedes, Lewis Hamilton, usai balapan GP Inggris. (Foto: Andrew Boyers/Reuters)
Silverstone - Pebalap Mercedes, Lewis Hamilton, memperpanjang dominasinya di GP Inggris. Sementara itu, driver Ferrari, Sebastian Vettel, tertimpa kemalangan di seri kali ini.

Saat membalap di Silverstone, Minggu (16/7/2017) malam WIB, Hamilton mampu menjadi yang tercepat. Dia tampil dominan sejak start.

Dengan kemenangan ini, pebalap 32 tahun itu menjadi juara GP Inggris empat kali berurutan. Secara keseluruhan, dia sudah menajdi juara saat di hadapan publiknya sebanyak lima kali. Hamilton pun menyamai rekor Alain Prost dan Jim Clark.

Sementara itu, Vettel harus menelan kekecewaan finis di posisi tujuh karena kerusakan pada ban depan sebelah kiri mobilnya. Padahal, saat itu dia sedang menempati posisi tiga.

[Baca Juga: Hasil F1 GP Inggris 2017]

Dengan hasil ini, Ferrari sudah tiga balapan terakhir tak menjadi pemenang. Vettel, yang masih menempati puncak klasemen pebalap dengan 177 poin, tinggal unggul satu angka dari Hamilton di posisi dua.

Jalannya Balapan

Hamilton melakukan start mulus. Kimi Raikkonen yang ada di belakangnnya juga bisa mempertahankan posisi kedua.

Sementara itu, Vettel yang ada di posisi tiga turun satu peringkat karena disalip oleh Max Verstappen. Insiden senggolan antara Carlos Sainz dan Daniil Kvyat membuat safety car harus masuk ke lintasan.

Dalam tiga lap berikutnya, proses pembersihan bagian mobil Sainz berlangsung, setelah itu balapan kembali normal. Jolyon Palmer dan Sainz menjadi dua pebalap yang sudah harus menyelesaikan balapan lebih awal.

Pertarungan seru antara Verstappen dan Vettel memperebutkan posisi tiga terjadi pada lap 14. Sempat terjadi senggolan antara keduanya, pebalap asal Belanda itu bisa mempertahankan posisi tiga.

Saat lap itu, Valtteri Bottas sudah menempati posisi empat. Dia start dari posisi sembilan karena penalti lima grid usai mengganti gir boks.

Vettel masuk melakukan pitstop di lap 19. Dia ada di posisi enam saat masuk trek. Verstappen juga mengganti ban, saat kembali ke lintasan dia ada di belakang Vettel satu lap kemudian.

Vettel terus memperbaiki posisi dengan menyalip Nico Hulkuenberg paa lap 22. Kini, dia ada di posisi empat di belakang Hamilton, Raikkonen, dan Bottas.

Raikkonen melakukan pit di lap 25, dia berhasil mempertahankan posisi tiga saat kembali ke lintasan.

Satu lap kemudian giliran Hamilton yang mengganti ban, dia nyaris disalip oleh Bottas saat kembali ke trek balapan.

Vettel sempat mengasapi Bottas usai pebalap asal pebalap asal Finlandia itu masuk pit. Tapi pada lap 44, Bottas bisa mengambi alih posisi tiga dari Vettel.

Drama terjadi pada Raikkonen. Dia mengalami masalah pada ban depan sebelah kiri. Dia masuk pit, hingga kehilangan posisi dua. Dia disalip oleh Bottas saat balapan menyisakan dua putaran lagi.

Vettel juga mengalami masalah pada mobilnya saat lap terakhir. Dia akhirnya harus puas finis di posisi ketujuh. Raikkonen mengamankan posisi terakhir podium

Hamilton tak terkejar hingga memenangi balapan untuk keempat kalinya di tahun ini. Sementara Bottas finis posisi kedua dari posisi start kesembilan.



(cas/cas)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed