DetikSport
Minggu 01 Oktober 2017, 15:55 WIB

Kemenangan di Sepang, Kado Spesial Ulang Tahun Verstappen

Lucas Aditya - detikSport
Kemenangan di Sepang, Kado Spesial Ulang Tahun Verstappen Max Verstappen di GP Malaysia (Foto: Edgar Su/Reuters)
Sepang - Max Verstappen menjadi pemenang di GP Malaysia. Raihan itu yang pertama di Sepang, sekaligus kado ulang tahun spesial pebalap 20 tahun itu.

Dalam balapan, Minggu (1/10/2017), Verstappen cuma menunggu empat putaran untuk mengambil alih posisi pertama dari Lewis Hamilton.

Raihan terbaik pebalap asal Belanda di GP Malaysia adalah posisi runner-up musim lalu. Dengan kemenangan ini, Verstappen mencatatkan kemenangan kedua di sepanjang kariernya di ajang adu cepat jet darat.

Verstappen baru saja merayakan hari kelahirannya, Sabtu (30/9). Dengan kemenangan ini, dia pun menjadi pebalap termuda (20 tahun 1 hari) yang mencatatkan dua kemenangan di ajang F1.

Jalannya Balapan

Hamilton melakukan start sempurna. Dia bisa mempertahankan pole position. Verstappen yang start di posisi ketiga terus menempel driver asal Inggris itu.

Sementara itu, driver Ferrari, Sebastian Vettel, mampu perlahan-lahan menyodok. Dia sudah naik tujuh tingkat dari posisi start sebelum lap pertama habis.

Di lap keempat, terjadi pergantian pebalap terdepan. Verstappen mampu menyalip Hamilton untuk memimpin balapan. Sementara itu, Vettel sudah ada di posisi ke-11 saat lap yang sama.

Ricciardo ganti yang mengasapi pebalap Mercedes lainnya, Valtteri Bottas. Di lap 9, dia menyalip pebalap Finlandia itu di tikungan 4.

Lima lap kemudian, Vettel ada di posisi keenam. Dia diuntungkan dengan beberapa pebalap yang melakukan pit, contohnya Lance Stroll.

Vettel naik satu tingkat lagi pada lap ke-21. Dia mampu menyalip Sergio Perez. Pada lap yang sama, Verstappen sudah unggul 8,83 detik dari pebalap di belakangnya, Hamilton.

Ricciardo mampu mengambil alih posisi terdepan di lap 28. Pit yang dilakukan Verstappen dan Hamilton menjadi penyebabnya.

Dua lap kemudian, Verstappen sudah kembali ada di posisi terdepan. Hamilton menyusul di belakangnya, Ricciardo dan Vettel menyusul kemudian.

Posisi pebalap lima besar tak ada perubahan hingga lap ke-41. Verstappen ada di depan, Hamilton, Ricciardo, Vettel, dan Bottas menyusul kemudian.

Pertarungan sengit terjadi antara Vettel dengan Ricciardo pada lap ke-49. Vettel mencoba mengambil alih posisi ketiga, tapi bisa ditutup oleh Ricciardo. Jarak keduanya nya sekitar 1,4 detik.

Hingga tujuh lap ke depan, Verstappen tak terkejar. Dia pun menjadi juara GP Malaysia.

[Gambas:Video 20detik]





(cas/fem)

Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed