DetikSport
Senin 30 Oktober 2017, 04:37 WIB

GP Meksiko

Verstappen Menang, Hamilton Pastikan Gelar Juara Dunia

Meylan Fredy Ismawan - detikSport
Verstappen Menang, Hamilton Pastikan Gelar Juara Dunia Max Vertsppen, Valtteri Bottas, dan Kimi Raikkonen di podium GP Meksiko (Edgard Garrido/Reuters)
Mexico City - Ada dua orang yang tersenyum lebar usai balapan GP Meksiko. Mereka adalah Max Verstappen yang memenangi balapan dan Lewis Hamilton yang memastikan gelar juara dunia.

Start dari posisi kedua, Verstappen menyelesaikan balapan di Autodromo Hermanos Rodriguez, Senin (30/10/2017) dinihari WIB, di posisi terdepan. Pebalap Red Bull itu sangat dominan dari awal hingga akhir dan finis di depan Valtteri Bottas dan Kimi Raikkonen.

[Gambas:Video 20detik]


Sementara itu, dua pebalap yang sedang berebut gelar juara dunia, Sebastian Vettel dan Lewis Hamilton, bersenggolan di lap pertama. Keduanya sempat tercecer jauh di belakang.

Vettel akhirnya menyentuh garis finis di posisi keempat, sedangkan Hamilton di posisi kesembilan. Hasil ini sudah cukup untuk memastikan gelar juara dunia menjadi milik Hamilton sekaligus menutup peluang Vettel. Dengan dua seri tersisa, Hamilton unggul 56 poin atas Vettel di klasemen pebalap dan tak akan terkejar.

Seri berikutnya akan dilangsungkan di Brasil pada 12 November 2017 mendatang.



Jalannya Balapan

Verstappen melakukan start gemilang. Dari posisi kedua, dia mampu mengalahkan Vettel di dua tikungan awal dan merebut posisi terdepan.

Sementara itu, Vettel dan Hamilton bersenggolan beberapa saat setelah start. Mereka pun harus masuk pit di akhir lap pertama. Vettel harus mengganti hidung mobilnya, sementara Hamilton terpaksa berganti ban lebih dini. Saat kembali ke lintasan, dua pebalap itu berada di barisan belakang.

Hingga lap kesepuluh, Verstappen masih memimpin jalannya balapan. Di belakangnya ada Valtteri Bottas, Esteban Ocon, Nico Hulkenberg, Sergio Perez, dan Kimi Raikkonen.

Vettel perlahan-lahan memperbaiki posisinya dan berada di posisi ke-13 pada lap ke-20. Sementara itu, Hamilton masih tercecer di posisi ke-19. Posisi terdepan masih jadi milik Verstappen.

Hamilton benar-benar kesulitan untuk melewati pebalap di depannya seperti Carlos Sainz dan Pascal Wehrlein. Dia bahkan di-overlap oleh Verstappen. Posisi Hamilton baru membaik setelah Hulkenberg out.

Di lap ke-30, Vettel sudah berada di posisi kesembilan. Sementara itu, Hamilton berhasil melewati Sainz dan Wehrlein dan kini menempati posisi ke-16.

Verstappen masih memimpin lomba hingga putaran ke-50, disusul Bottas, Raikkonen, dan Ocon. Vettel menyalip Perez di lap berikutnya untuk merebut posisi keenam. Sementara itu, Hamilton berada di posisi ke-12.

Hamilton akhirnya masuk ke zona poin setelah menyalip Felipe Massa di lap ke-57 untuk merebut posisi kesepuluh. Tak berselang lama, Vettel naik ke posisi keempat setelah melewati Ocon.

Hamilton kemudian memburu Fernando Alonso dan berusaha mengambil alih posisi kesembilan. Meski mendapatkan perlawanan sengit dari Alonso, Hamilton berhasil menyalip di lap ke-69.

Hingga akhir lomba, Hamilton dan Vettel sama-sama tak berhasil memperbaiki posisinya. Di barisan depan, Verstappen menjadi pebalap pertama yang menyentuh garis finis.



(mfi/mfi)

Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed