DetikSport
Senin 30 Oktober 2017, 06:17 WIB

Kunci Gelar Juara, Hamilton: Rasanya seperti Tidak Nyata

Yanu Arifin - detikSport
Kunci Gelar Juara, Hamilton: Rasanya seperti Tidak Nyata Lewis Hamilton mengunci titela juara dunia F1 2017 setelah menjalani balapan yang sulit (Clive Mason/Getty Images)
Mexico City - Lewis Hamilton mengunci gelar juara dunia Formula 1 2017 meski cuma finis kesembilan di GP Meksiko. Pebalap Mercedes itu menilai rasanya seperti tidak nyata.

Hamilton cukup kesulitan mengawali balapan di Sirkuit Autodromo Hermanos Rodriguez, Senin (30/10/2017) dini hari WIB. Sebabnya, ia sempat terlibat insiden dengan Sebastian Vettel.

[Gambas:Video 20detik]


Di Turn 3 selepas start, mobilnya bersenggolan dengan mobil Vettel. Hasilnya, kedua pebalap mesti masuk pit untuk melakukan pergantian. Hamilton harus mengganti roda belakang bagian kanan, sementara Vettel mengganti sayap depan mobilnya.

Kondisi itu membuat kedua pebalap harus melorot ke posisi bawah. Hamilton di posisi ke-20 sementara Vettel yang keluar pit lebih dulu berada di posisi 18.



Sepanjang balapan, keduanya pun berjuang keras bisa finis di posisi atas. Sampai akhirnya, Hamilton harus puas finis di peringkat sembilan dan Vettel di posisi empat. Podium teratas menjadi milik Max Verstappen.

Hasil itu membuat Hamilton bisa mengunci gelar juara dunia keempatnya. Ia kini mengoleksi 333 poin, unggul 56 poin dari Vettel dan tak mungkin terkejar di dua balapan pesaing terdekatnya.

Hamilton mengaku rasanya seperti tidak nyata bisa memenangi gelar juara dunia. Sebabnya, awal balapannya tidak berjalan mudah.

"Saya melakukan segalanya sebisa mungkin. Saya punya start yang bagus. Entahlah apa yang terjadi di Turn 3. Saya mencoba memacu sebisa mungkin untuk kembali. Terima kasih saya ucapkan kepada keluarga, tim, dan Mercedes. Saya bangga menjadi bagian dari tiu," Hamilton mengatakan seperti dilansir NBC Sport.

"Sejujurnya ini terasa tidak nyata, bung. Ini bukanlah balapan yang saya inginkan. 40 detik tertinggal di belakang. Tapi saya tidak pernah menyerah. Saya tetap jalan sampai akhir. Saya cuma ingin mempersembahkannya untuk keluarga, Tuhan, dan tim saya," pebalap Inggris itu menambahkan.

Gelar juara dunia 2017 menjadi yang keempat diraih Hamilton, setelah musim 2008, 2014, dan 2015.
(din/mfi)

Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed