DetikSport
Senin 27 November 2017, 14:09 WIB

Felipe Massa Undur Diri dari Formula 1

Doni Wahyudi - detikSport
Felipe Massa Undur Diri dari Formula 1 Felipe Massa sudah menjalani balapan terakhirnya di F1 (Mark Thompson/Getty Images)
Jakarta - Felipe Massa sudah menjalani balapan terakhirnya sebagai pebalap F1. Orang Brasil yag sudah 15 tahun malang melintang di dunia jet darat itu resmi memasuki masa pensiun.

Massa menutup kariernya di F1 dengan meraih satu poin dari balapan di Abu Dhabi, Minggu (27/11/2017) malam WIB. Driver 36 tahun itu memang sudah merencanakan pensiun sejak beberapa bulan lalu.

"Saya akan merindukan banyak hal - membalap menghadapi driver-driver yang luar biasa dan berkompetisi menggunakan mobil-mobil terbaik, serta kejuaraan terbaik di dunia," ucap Massa usai balapan dikutip dari abc.



Ini bukan kali pertama Massa memutuskan pensiun. Di akhir musim 2016 sebenarnya dia sudah memutuskan menyudahi karier balap, namun kemudian kembali di awal 2017 sebagai pebalap Williams setelah Bottas pindah ke Mercedes.

Sepanjang 15 tahun berkarier di F1, Massa mengoleksi 11 kemenangan dan 41 kali naik podium. Dia tercatat merebut 16 pole position dan menjadi peraih fastest lap di 15 kesempatan.

Salah satu momen yang dikenang adalah bagaimana dia menjalani duel memperebutkan juara dunia dengan Lewis Hamilton di 2008. Dia cuma kalah satu poin dari Hamilton lewat balapan yang berjalan dramatis di seri pamungkas.

Massa juga punya pengalaman pahit di dalam kokpit F1 saat helmnya menghantam per yang melayang di lintasan di sesi kualifikasi GP Hongaria 2009. Kecelakaan tersebut nyaris merenggut pengelihatannya.

Massa menyudahi musim pamungkasnya di F1 dengan koleksi 43 poin. Dia sama sekali gagal naik podium, sementara capaian terbaiknya adalah finis keenam di Australia dan Bahrain.
(din/fem)

Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed