detiksport
Follow detikSport
Rabu, 27 Des 2017 18:27 WIB

Ini Tantangan Terbesar Hamilton di Tahun 2017

Randy Prasatya - detikSport
Foto: Paulo Whitaker/Reuters Foto: Paulo Whitaker/Reuters
London - Lewis Hamilton menjuarai F1 2017 setelah mengatasi tantangan besar dari Mercedes W08, mobil balap F1 yang paling sulit ia pahami dalam kariernya sejauh ini.

Hamilton sempat mengalami kesulitan di awal musim Formula 1 2017. Itu disebabkan lantaran mobil yang dia kendarai belum nyetel betul dengan ban Pirelli, terutama dengan komponen ban ultra soft.

Tak hanya itu, Mercedes W08 juga diklaim punya masalah trek-trek yang memiliki kecepatan rendah. Situasi itulah yang membuat Hamilton sempat mendapatkan persaingan sengit dari pebalap Ferrari Sebastian Vettel.

Secara perlahan, tim Mercedes akhirnya bisa menemukan pengaturan pas untuk W08. Pada akhirnya Hamilton pun bisa keluar sebagai juara dunia F1 2017 saat Vettel banyak mengalami masalah dalam seri balap di Asia.

"Ini (mobil) adalah yang terberat. Ada beberapa masalah yang telah kami hadapi selama bertahun-tahun, namun dengan mobil ini kami jelas menyadari bahwa kami perlu benar-benar melakukan sesuatu," kata Hamilton seperti dikutip dari Autosport.

"Mobil baru (Mercedes W08), pada skala yang lebih luas memperbesar masalah yang ada pada mobil. Dinamika ban yang berbeda, ini adalah yang paling sulit. 2008 juga sulit. 2009 sangat mengerikan. Mobilnya sebenarnya bagus, tapi sulit membuatnya bekerja dengan maksimal."

"Tahun ini orang berbicara dan mengatakan bahwa kami memiliki mobil terbaik, itu jelas hal yang menyenangkan. Tapi ada beberapa masalah mendasar dengan mobil ini yang ingin saya atasi," tegas pebalap asal Inggris itu.

Hamilton memastikan gelar juara dunia F1 tahun ini untuk meraih gelar juara dunia yang keempat. Pebalap berusia 32 tahun itu sebelumnya juga jadi kampiun pada musim 2008, 2014, dan 2015.

(ran/krs)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed