DetikSport
Kamis 08 Februari 2018, 19:03 WIB

'Sean Fokus Saja ke F2, Jangan Pikirkan F1 Dulu'

Mohammad Resha Pratama - detikSport
Sean Fokus Saja ke F2, Jangan Pikirkan F1 Dulu Sean Gelael saat sesi FP1 GP Malaysia musim lalu (Scuderia Toro Rosso)
Faenza - Ada peluang memang untuk Sean Gelael berkiprah di Formula 1. Tapi, pebalap Indonesia itu diminta fokus penuh dulu di F2 demi menambah jam terbang.

Sean sudah mencicipi rasanya beradu cepat di lintasan balap F1 saat diberi kesempatan jadi pebalap di empat sesi free practice I musim lalu, dimulai dari Singapura, Malaysia, Austin, dan Meksiko.

Selain itu, Sean telah berstatus sebagai pebalap tes Toro Rosso di mana tiga kali tes dijalaninya dari Bahrain, Hongaria, dan Abu Dhabi. Kubu Toro Rosso pun terbilang puas dengan penampilan Sean tersebut.

Hal ini tentu jadi kabar baik untuk Sean yang punya misi bisa membalap ke F1 dan jadi pebalap kedua Indonesia di ajang itu setelah Rio Haryanto. Apalagi Sean musim ini memperkuat tim kuat Prema Racing di F2.

Peluangnya meraih kemenangan pun makin besar dan jika itu mampu dilakukan Sean maka bisa saja Toro Rosso kian kepincut.

Meski demikian, Sean diminta tak terlalu fokus ke F1 dan lebih baik memikirkan kariernya bersama Prema musim depan. Jika Sean bisa tampil bagus, maka jalan ke F1 tentu makin lapang.

"Ini bukan berarti dia langsung terhubung ke program pengembangan pebalap Red Bull, dia terikat dengan Toro Rosso. Sekarang kita lihat saja apa yang bakal terjadi, tapi saya melihat dia bisa ikut beberapa sesi FP1 bersama kami lagi. Tapi kita mesti bersabar karena dia butuh konsentrasi penuh di F2," tutur Tim Prinsipal, Franz Tost, dalam rilis kepada detikSport.

"Lalu kenapa kami memberikan kesempatan ini kepada Sean? Karena dia menggunakan fasilitas simulator Red Bull dan dia selalu mendapatkan hasil bagus di sana. Kami pun berpikir dia punya potensi lebih tinggi dari apa yang ia hasilkan sekarang," sambungnya.

"Untuk itulah kami memberinya kesempatan untuk tes. Kesempatan pertama terjadi di Bahrain dan dia melakukan tugas dengan hasil yang sangat mengesankan. Kami membandingkan lap yang dia lakukan dengan para pebalap kami selama tes itu dan selisihnya tak terlalu jauh. Dia melakukan tes lagi di Hongaria, di mana sekali lagi tampil bagus. Dia hanya kalah sedikit di tikungan-tikungan cepat."

Sean musim depan kabarnya bakal mendapat jatah free practice lebih banyak bersama Toro Rosso dan juga sesi tes di tengah musim.

"Dia menjalankan program FP1 bersama kami di Singapura, Malaysia, Meksiko, dan Amerika, dengan tujuan lebih membiasakan diri dengan mobil. Tes terakhir dia di Abu Dhabi adalah persiapan untuk tahun depan, di mana dia berkompetisi di F2."




(mrp/yna)

Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed