DetikSport
Senin 09 April 2018, 00:54 WIB

GP Bahrain

Vettel Menang Lagi

Meylan Fredy Ismawan - detikSport
Vettel Menang Lagi Sebastian Vettel memenangi balapan GP Bahrain (Foto: Hamad I Mohammed/Reuters)
Sakhir - Sebastian Vettel meraih kemenangan keduanya di Formula 1 musim ini. Vettel finis terdepan di GP Bahrain setelah mengungguli dua pebalap Mercedes.

Strategi satu pitstop yang dipakai oleh Vettel berjalan dengan baik dalam balapan di Bahrain International Circuit, Minggu (8/4/2018). Pebalap Ferrari itu sukses mempertahankan posisi terdepan dari serangan Valtteri Bottas. Sementara itu, Lewis Hamilton harus puas menempati posisi ketiga.

Bagi Vettel, ini adalah kemenangan keduanya dalam dua seri F1 musim ini. Pebalap Jerman itu sebelumnya juga memenangi seri pembuka di Australia.

Vettel kini memimpin klasemen pebalap dengan poin 50, unggul 17 poin atas Hamilton yang berada di posisi kedua. Bottas berada di posisi ketiga dengan 22 poin.

Seri berikutnya akan dilangsungkan di Sirkuit Internasional Shanghai pada 15 April.


Jalannya Balapan

Vettel melakukan start dengan sangat baik dan berhasil mempertahankan posisi terdepan. Sementara itu, Valtteri Bottas mencuri posisi kedua dari tangan Kimi Raikkonen.

Red Bull mendapatkan bencana di lap-lap awal. Daniel Ricciardo tak bisa meneruskan lomba karena mobilnya bermasalah di lap kedua.

Sementara itu, ban kiri belakang Max Verstappen bocor setelah mobilnya bersenggolan dengan Lewis Hamilton. Verstappen pun terpaksa masuk pit lebih awal. Meski bisa kembali ke lintasan setelah mengganti ban, dia akhirnya tak mampu melanjutkan balapan.

Hingga putaran kesepuluh, barisan depan belum berubah. Vettel masih memimpin, disusul Bottas, Raikkonen, Hamilton, dan Pierre Gasly. Vettel unggul sekitar tiga detik di depan Bottas.

Dari posisi terdepan, Vettel melakukan pitstop di lap ke-18 dan memakai ban soft. Ketika kembali ke lintasan, dia berada di belakang Bottas, Raikkonen, dan Hamilton.

Setelahnya, Raikkonen dan Bottas secara berturut-turut ikut melakukan pitstop. Hamilton mengambil alih posisi terdepan, disusul Vettel.

Hamilton tak kuasa menahan tekanan Vettel dan disalip pada lap ke-26. Tak berselang lama, Hamilton melakukan pitstop untuk memakai ban medium. Ketika kembali ke trek, dia berada di posisi keempat di belakang Vettel, Bottas, dan Raikkonen.

Hingga lap ke-34, Vettel masih memimpin dengan keunggulan sekitar 4,5 detik atas Bottas.

Drama terjadi ketika Raikkonen masuk pit untuk kedua kalinya di lap ke-36. Mobil Raikkonen menabrak salah satu mekanik, sementara pergantian ban tak tuntas dilakukan karena ban kiri belakang tetap ban soft sedangkan tiga ban lainnya adalah supersoft. Raikkonen akhirnya tak bisa meneruskan lomba.

Di lap-lap akhir, Vettel yang masih mempertahankan ban soft makin ditekan oleh Bottas yang memakai ban medium. Jarak di antara keduanya terus menipis.

Akan tetapi, Vettel pada akhirnya mampu mempertahankan posisi terdepan hingga garis finis. Dia hanya unggul 0,699 detik atas Bottas. Sementara itu, Hamilton tetap di posisi ketiga.



(mfi/raw)

Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed