detikSport
Follow detikSport Linkedin share
Senin, 30 Apr 2018 05:13 WIB

Telat Naik Podium, Hamilton Lebih Dulu Hibur Bottas

Meylan Fredy Ismawan - detikSport
Lewis Hamilton di podium GP Azerbaijan (Foto: David Mdzinarishvili/Reuters) Lewis Hamilton di podium GP Azerbaijan (Foto: David Mdzinarishvili/Reuters)
Baku - Pemenang balapan GP Azerbaijan, Lewis Hamilton, telat naik podium. Hal itu terjadi karena Hamilton lebih dulu menghibur rekan setimnya di Mercedes, Valtteri Bottas.

Hamilton tampil sebagai pemenang dalam balapan di Baku City Circuit, Minggu (29/4/2018). Pebalap Inggris itu finis di depan Kimi Raikkonen dan Sergio Perez.

[Gambas:Video 20detik]




Akan tetapi, Hamilton terlambat muncul di podium setelah balapan. Dia memilih untuk menemui Bottas lebih dulu.

"Perasaan saya campur aduk, tapi saya akan menerimanya. Ada hari-hari di mana kami sudah melakukan semua yang kami butuhkan, misalnya seperti tahun lalu, dan kami tidak menang, dan ada banyak balapan di mana saya memimpin lomba dan kemenangan direbut dari saya," ujar Hamilton kepada Channel 4 seperti dikutip Crash.net.

Dalam balapan di Baku, Bottas berada di posisi terdepan hingga bernasib sial ketika lomba menyisakan tiga putaran. Ban kanan belakang mobilnya meletus setelah melindas debris di lintasan. Pebalap Finlandia itu pun tak bisa meneruskan balapan dan tak mendapatkan poin.

Insiden yang dialami Bottas secara tak langsung menguntungkan Hamilton, yang sebelumnya berada di posisi kedua. Hamilton pun menjadi pebalap yang finis terdepan.


"Valtteri tampil luar biasa hari ini dan benar-benar pantas menang. Saya sangat beruntung hari ini. Alasan saya telat ke podium adalah karena saya menemui Valtteri," ujar Hamilton.

"Saya benar-benar ingin mengucapkan selamat kepadanya karena berat ketika Anda memiliki hari seperti ini, Anda merasakan yang terburuk. Jadi, saya pikir saya bisa menjadi rekan setim yang baik untuk berusaha menghiburnya dan mengatakan 'Kau telah melakukan pekerjaan luar biasa'. Ini adalah sebuah bentuk respek," katanya.

Berkat kemenangan di Azerbaijan, Hamilton merebut puncak klasemen pebalap dari tangan Sebastian Vettel. Dia kini mengoleksi 70 poin, unggul empat poin atas Vettel.


(mfi/rin)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksport.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com