DetikSport
Minggu 13 Mei 2018, 22:12 WIB

GP Spanyol

Hamilton Juara, Mercedes 1-2

Okdwitya Karina Sari - detikSport
Hamilton Juara, Mercedes 1-2 Lewis Hamilton juara di GP Spanyol 2018 (Foto: David Ramos/Getty Images)
Montmelo - Pebalap Mercedes Lewis Hamilton keluar sebagai pemenang di GP Spanyol. Mercedes menegaskan dominasinya dengan menempatkan Valtteri Bottas di posisi runner-up.

Di Sirkuit Catalunya, Minggu (13/5/2018) malam WIB, Hamilton memenangi balapan dengan dominasi mutlak. Start terdepan, Hamilton melesat sejak awal untuk melintasai chequered flag pertama usai dengan keunggulan lebih dari 20 detik dari Bottas.

[Gambas:Video 20detik]


Melakoni dua pit, Sebastian Vettel harus puas berada di urutan keempat di depan Max Verstappen, yang melengkapi podium.

Ini adalah kemenangan kedua Hamilton di 2018. Sebelumnya, pebalap Inggris itu juara di seri Azerbaijan.


Jalannya Balapan

Sebastian Vettel memulai dengan apik. Start dari urutan ketiga, pebalap Jerman itu menyalip Valtteri Bottas untuk mengambil alih posisi kedua di belakang Lewis Hamilton.

Sementara itu, kecelakaan langsung terjadi. Di tikungan ketiga, mobil Romain Grosjean melintir sehingga tertabrak Nico Hulkenberg. Pierre Gasly juga menabrak mobil Grosjean sehingga safety car keluar. Ketiganya out.

Posisi 10 besar di belakang safety car: Hamilton, Vettel, Bottas, Kimi Raikkonen, Max Verstappen, Daniel Ricciardo, Kevin Magnussen, Carlos Sainz, Charles Leclerc, dan Esteban Ocon.

Hamilton langsung melesat selepas safety car. Di putaran ke 12, Hamilton menjauh dari Vettel dengan jarak lebih dari lima detik. Alonso telah menyalip Ocon untuk naik ke posisi 10, posisi di depan masih sama.

Vettel masuk pit untuk mengganti ban menjadi medium sehingga turun ke posisi ketujuh sebelum akhirnya bisa merangsek ke urutan lima. Bottas juga masuk pit dan keluar untuk menempati posisi enam, di belakang Vettel. Hamilton masih memimpin diikuti Raikkonen, Verstappen, dan Ricciardo.

Raikkonen kehilangan tenaga. Di putaran 25, Raikkonen masuk pit lalu retired.

Hamilton masuk pit, lalu keluar di belakang Verstappen yang memimpin. Ricciardo dan Vettel membuntuti, diikuti Bottas di posisi kelima.

Hamilton kemudian bisa melewati Verstappen untuk mengambil alih posisi pertama. Sejumlah pebalap lainnya satu per satu masuk pit. Ocon juga out karena masalah di mobilnya.

Di putaran 42, Vettel masuk pit saat virtual safety car masuk, kemudian muncul di belakang Verstappen. Giliran Stofel Vandoorne menjadi korban karena mesti retired pada enam putaran berikutnya.

Hamilton kembali mencetak putaran tercepat dengan catatan 1 menit 19 detik. Dia lebih cepat 15 detik dari Bottas di posisi kedua. Verstappen ketiga, diikuti Vettel dan Ricciardo.

Tidak banyak perubahan di putaran-putaran selanjutnya. Sampai empat putaran terakhir, Hamilton masih sulit dikejar usai unggul lebih dari 17 detik dari Bottas.

Akhirnya, di putaran terakhir Hamilton menyentuh garis finis pertama. Di belakang Hamilton, Bottas, dan Verstappen melengkapi podium. Vettel harus puas di urutan keempat di depan Ricciardo, Magnussen, Sainz, Fernando Alonso, Sergio Perez, dan Leclerc.


(rin/raw)

Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed