detiksport
Follow detikSport
Senin, 14 Mei 2018 09:05 WIB

Dua Kali Masuk Pit, Vettel Ada Masalah Apa?

Randy Prasatya - detikSport
Sebastian Vettel cuma finis keempat di GP Spanyol (Foto: Charles Coates/Getty Images) Sebastian Vettel cuma finis keempat di GP Spanyol (Foto: Charles Coates/Getty Images)
Montmelo - Sebastian Vettel melakukan dua kali pit-stop pada balapan GP Spanyol. Keputusan mengejutkan itu terpaksa diambil karena risiko keausan ban.

Vettel untuk ketiga kalinya secara beruntun gagal naik ke podium, setelah sempat menjuarai dua seri awal Formula 1 2018. Di seri kelima yang berlangsung di Sirkuit Catalunya, Minggu (13/5/2018) malam WIB, pebalap Ferrari itu cuma finis keempat.

Kegagalan ini tak lepas dari keputusan Vettel dan tim untuk melakukan pit-stop dua kali, berbeda dengan sebagian besar pebalap lainnya. Pria asal Jerman itu sebelumnya sempat ada di posisi kedua, namun melorot ke posisi keempat setelah pit-stop kedua.

[Gambas:Video 20detik]




Vettel menjelaskan alasan melakukan itu. Menurut pebalap 30 tahun tersebut, keputusan harus diambil lantaran bannya tak akan bisa menuntaskan sisa 25 lap.

"Kami tidak bisa membuat ban bertahan lebih lama dan jelas kami harus masuk lagi. Saya pikir itu adalah hal yang tepat untuk dilakukan," kata Vettel seperti dikutip dari ESPN.

"Kelihatannya mudah kan, tetapi di dalam mobil, kami merasa ban terlalu cepat habis. Oleh karena itu kami tidak tidak bisa mempertahankannya (ban) selama 25 lap. Bahkan pada akhirnya, dengan set ban yang lebih baru, saya tidak bisa menekan sampai akhir," lanjutnya.

Vettel saat ini duduk di posisi kedua dengan 78 poin dalam klasemen F1. Dia kalah 17 angka dari Lewis Hamilton.



(ran/ran)
f1
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed