detiksport
Follow detikSport
Jumat, 18 Mei 2018 13:46 WIB

Ikut Tes F1 di Barcelona, Ini Komentar Sean

Mohammad Resha Pratama - detikSport
Aksi Sean Gelael di tes F1 Barcelona (Scuderia Toro Rosso) Aksi Sean Gelael di tes F1 Barcelona (Scuderia Toro Rosso)
Barcelona - Tes F1 di Barcelona baru saja diadakan tengah pekan kemarin. Salah satu pesertanya adalah Sean Gelael yang mengendarai mobil Toro Rosso.

Ini jadi tes pertama Sean di F1 musim ini setelah mengikuti tes serupa di tiga seri musim 2017 lalu. Masih bersama tim yang sama, Toro Rosso, Sean kini menjajal mobil baru STR13

Tentunya mobil ini berbeda dari yang dipakai Sean di sesi tes serta free practice F1 musim lalu Toro Rosso mulai musim ini disokong mesin Honda.


Turun di hari kedua tes, Rabu (16/5/2018), pagi waktu setempat, di sirkuit Catalunya, Barcelona, Sean melahap 83 lap dengan catatan watu 1 menit 20,763 detik. Sayangnya, Sean cuma finis ke-11 dari 12 pebalap yang ikut di sesi tersebut.

"Saya puas dengan performa dia selama test. Sean memberikan input yang positif bagi tim guna pengembangan mobil ke arah yang lebih bagus. Hal ini bisa dilihat dari catatan waktu yang ditorehkan Sean lebih baik dari kemarin dan masalah elektronik issue bisa diatasi," ujar bos Toro Rosso, Franz Tost, dalam rilis kepada detikSport.

Pada sesi tes pagi yang menjadi fokus Sean bukanlah kecepatan tetapi mengetes beberapa komponen mobil. Pebalap 21 tahun itu menggunakan ban supersoft dan soft untuk melihat kinerja aerodinamika, suspense, dan reliability mobil. Sementara di sore harinya, tugas Sean diambil alih pebalap F1 Pierre Gasly.

"Tes hari ini lebih baik dari hari sebelumnya, saya cukup puas dengan kinerja mobil hari ini. kami menguji beberapa komponen mobil,. Sayang memang saya tidak bisa menjalani tes dengan penuh, padahal ini kesempatan bagus. Tapi, saya tetap harus memfokuskan diri untuk ajang F2 karena bagaimana pun tes F1 ini hanya semacam pembelajaran dan bukan hal utama di musim ini," kata Sean.


STR13 pada musim ini memakai mesin Honda. Honda diyakini belum membawa upgrade mesin mereka di Barcelona. Ini berarti pabrikan asal Jepang tersebut masih memakai mesin dengan spesifikasi yang sama seperti di awal musim. Mesin yang baru dijadwalkan baru akan datang di Montreal, Kanada, atau bisa diundur lagi ke ronde berikutnya di Paul Ricard, Perancis.


(mrp/mrp)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed