DetikSport
Minggu 27 Mei 2018, 22:36 WIB

GP Monako

Kalahkan Vettel, Ricciardo Menang di Monako

Meylan Fredy Ismawan - detikSport
Kalahkan Vettel, Ricciardo Menang di Monako Daniel Ricciardo memenangi GP Monako 2018. Ricciardo finis di depan Sebastian Vettel dan Lewis Hamilton (Foto: Benoit Tessier/Reuters)
Monako - Daniel Ricciardo memenangi balapan Formula 1 GP Monako. Pebalap Red Bull itu mampu mengalahkan Sebastian Vettel kendati mobilnya bermasalah dalam waktu yang lama.

Ricciardo mengawali balapan GP Monako 2018 di Sirkuit Monte Carlo, Monako, Minggu (27/5/2018), dari posisi pertama. Pebalap berkebangsaan Australia itu mampu mempertahankannya di awal lomba.

Namun, Ricciardo kemudian menghadapi masalah. Mesin mobilnya bermasalah di lap ke-28. Padahal, balapan masih tersisa 50 putaran lagi.

Dengan mobil yang tak sempurna itu, Ricciardo ternyata berhasil menyelesaikan balapan dan tetap berada di posisi terdepan. Vettel yang terus-terusan berusaha menyalip akhirnya cuma finis kedua. Sementara itu, posisi ketiga ditempati oleh juara bertahan Lewis Hamilton.

Ini adalah kemenangan kedua Ricciardo pada musim ini setelah sebelumnya dia juga menang di GP China. Dalam kariernya di F1, Ricciardo telah meraih tujuh kemenangan.

Kemenangan di Monako mengangkat Ricciardo ke posisi ketiga klasemen pebalap dengan perolehan 72 poin, di bawah Hamilton (110 poin) dan Vettel (96 poin).



Jalannya Balapan


Ricciardo melakukan start dengan sangat baik dan mampu mempertahankan posisi terdepan dari tekanan Vettel. Hingga selesainya lap pertama, Ricciardo unggul 1,1 detik atas Vettel.

Ricciardo masih memimpin atas Vettel hingga putaran kelima dengan jarak sekitar 1,4 detik. Di belakang mereka ada Hamilton, Kimi Raikkonen, Valtteri Bottas, Esteban Ocon, dan Fernando Alonso.

Hamilton masuk pit pada lap ke-12 untuk memakai ban ultrasoft. Saat keluar dari pit, dia berada di posisi keenam, di belakang Ocon. Tak berselang lama, dia menyalip Ocon untuk menempati posisi kelima.

Berselang empat putaran, giliran Vettel yang melakukan pitstop dan memakai ban ultrasoft pada mobilnya. Vettel keluar dari pit di posisi ketiga, di belakang Ricciardo dan Raikkonen.

Ricciardo, Raikkonen, dan Bottas masuk pit di putaran ke-18. Ricciardo masih berada di posisi terdepan ketika keluar, disusul Vettel, Hamilton, dan Raikkonen.

Memasuki lap ke-28, Ricciardo melaporkan bahwa mobilnya kehilangan tenaga. Hal ini dimanfaatkan oleh Vettel untuk mendekat. Situasi jadi makin menarik karena balapan belum sampai setengahnya.

Meski mobilnya bermasalah, Ricciardo masih mampu mempertahankan posisi terdepan. Vettel yang berada di posisi kedua kesulitan untuk menyalip.

Vettel terus berusaha untuk melewati Ricciardo. Pada lap ke-52, dia berjarak 1,4 detik dari pebalap Australia itu. Posisi ketiga masih ditempati oleh Hamilton, yang disusul Raikkonen dan Bottas.

Alonso tak bisa meneruskan balapan setelah mobilnya berhenti di lap ke-54. Mobil pebalap McLaren itu mengalami masalah girboks. Alonso, yang sebelumnya berada di posisi ketujuh, menjadi pebalap pertama yang tak bisa meneruskan lomba.

Pujian layak diberikan kepada Ricciardo, yang tetap mampu mempertahankan posisi terdepan meski mobilnya bermasalah. Ricciardo unggul 1,1 detik atas Vettel pada lap ke-68.

Pada lap-lap akhir, jarak antara Ricciardo dan Vettel justru melebar, lebih dari lima detik. Ricciardo akhirnya menyudahi lomba sebagai pemenang, disusul Vettel, Hahmilton, Raikkonen, dan Bottas.



(mfi/mfi)

Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed