detiksport
Follow detikSport Linkedin share
Senin, 11 Jun 2018 09:47 WIB

Tentang Bendera Finis yang Berkibar Prematur di GP Kanada

Meylan Fredy Ismawan - detikSport
Bendera finis berkibar prematur di GP Kanada (Foto: Paul Chiasson/Pool via REUTERS) Bendera finis berkibar prematur di GP Kanada (Foto: Paul Chiasson/Pool via REUTERS)
Montreal - Ada sebuah kejadian langka dalam balapan GP Kanada ketika bendera finis berkibar lebih cepat daripada yang seharusnya. Untungnya, kejadian ini tak terlalu berpengaruh pada hasil lomba.

Balapan GP Kanada di Sirkuit Gilles Villeneuve, Senin (11/6/2018) dinihari WIB, seharusnya berjalan sepanjang 70 putaran. Akan tetapi, bendera finis sudah berkibar ketika Sebastian Vettel yang berada di posisi terdepan menuntaskan putaran ke-69.

Orang yang mengibarkan bendera finis tersebut adalah Winnie Harlow, seorang model Kanada yang juga merupakan teman Lewis Hamilton. Harlow memang diminta oleh pihak penyelenggara untuk mengibarkan bendera finis.


Sebagai konsekuensi atas berkibarnya bendera finis lebih dini, balapan dinyatakan hanya berlangsung sepanjang 68 lap. Hal ini tak memengaruhi hasil akhir karena memang tak terjadi perubahan posisi di lap-lap akhir.

Vettel muncul sebagai pemenang lomba, disusul Valtteri Bottas dan Max Verstappen di posisi kedua dan ketiga. Daniel Ricciardo finis di posisi keempat, tepat di depan Hamilton.

Terkait kejadian ini, Harlow mengaku hanya menjalankan perintah yang diberikan kepadanya. Ia juga bersyukur karena kesalahannya tak memakan korban.


Tapi, kejadian ini sempat menimbulkan kebingungan di antara para pebalap. Vettel, misalnya, yang bingung karena penghitung jumlah lap yang berada di mobilnya menunjukkan balapan belum selesai ketika bendera finis berkibar. Vettel akhirnya terus memacu mobilnya dan menyelesaikan 70 lap.


"Itu lucu karena di bagian setir saya punya jumlah lap, dan saya juga punya pit board, yang menunjukkan kurang satu lap lagi. Saya bahkan menonton di layar TV setelah saya melihat bendera finis dan di sana tertulis 'lap terakhir'. Jadi, saya agak bingung ketika itu," ujar Vettel di Sky Sports.

"Jadi, saya bilang ke mereka (tim lewat radio) bahwa saya pikir balapan telah selesai dan mereka bilang 'tidak, tidak, teruslah membalap!'. Beberapa marshal sudah merayakan. Saya pikir mereka melakukannya terlalu cepat," kata pebalap Ferrari itu.

Satu-satunya pebalap yang dirugikan oleh berkibarnya bendera finis sebelum waktunya ini adalah Ricciardo. Ricciardo sebenarnya mengukir fastest lap dalam balapan pada putaran terakhirnya. Tapi, karena putaran terakhir Ricciardo tak dihitung, Verstappen dinyatakan sebagai pemilik fastest lap.




(mfi/rin)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed