DetikSport
Minggu 22 Juli 2018, 22:01 WIB

Vettel Crash, Hamilton Juara GP Jerman

Rifqi Ardita Widianto - detikSport
Vettel Crash, Hamilton Juara GP Jerman Lewis Hamilton juara GP Jerman. (Foto: Dan Istitene/Getty Images)
Hockenheim - Balapan dramatis tersaji di GP Formula 1 Jerman. Sebastian Vettel crash saat memimpin hingga gagal finis, sedang Lewis Hamilton juara dari posisi start 14.

Pada balapan di sirkuit Hockenheim, Minggu (22/7/2018) malam WIB, Vettel yang memulai dari posisi terdepan langsung melesat selepas start. Dia mendominasi dan membuka jarak dari Valtteri Bottas di posisi dua.

Nahas, driver Ferrari itu malah melebar dan menabrak dinding di putaran ke-53. Vettel gagal melanjutkan balapan dan Bottas mengambil alih posisinya di putaran ini.

Tapi Bottas tak lama memimpin karena memilih masuk pit. Hamilton yang sejak start terus memperbaiki posisi, pada prosesnya merebut posisi terdepan dan sukses menjaganya dari tekanan Bottas.

Hamilton pun finis pertama, disusul rekan setimnya, Bottas. Sementara finis ketiga yang diraih Raikkonen jadi hadiah hiburan untuk Ferrari.

Dengan hasil ini, Hamilton merebut posisi teratas di klasemen kejuaraan dengan total nilai 188. Vettel harus puas turun ke posisi dua dengan 171 poin. Raikkonen dan Bottas berturut-turut di posisi 3-4 dengan 131 dan 122 poin.

Baca juga: Hasil GP Jerman

Jalannya Balapan

Vettel langsung melesat selepas start. Sementara Bottas, Raikkonen, dan Verstappen mempertahankan posisi start di belakang Vettel.

Di putaran ketiga, Lewis Hamilton yang start dari posisi 14 sudah naik ke urutan 11. Sementara Daniel Ricciardo malah melorot ke posisi 18. Rintik hujan mulai terlihat pada putaran ini.

Vettel memimpin dengan nyaman di depan, sudah unggul lebih dari dua detik atas Bottas pada putaran kelima. Raikkonen, dan Verstappen masih di belakang keduanya.

Sementara itu Hamilton terus memperbaiki posisi dan sudah duduk di urutan enam pada putaran ke-11. Ricciardo di titik ini tertahan pada posisi 13.

Sementara posisi empat terdepan tak berubah, Hamilton naik ke posisi lima di putaran ke-14 dan mengincar Verstappen yang berjarak 18 detik. Raikkonen masuk pit di putaran ini untuk memasang ban soft, diperkirakan berencana melakukan strategi dua kali stop. Dia kembali ke trek di posisi empat.

Vettel masuk ke pit pada putaran ke-25, sehingga dilewati Bottas, Verstappen, dan Raikkonen. Tiga putaran berselang giliran Bottas masuk pit dan Verstappen memimpin. Tak lama kemudian, Ricciardo gagal melanjutkan balapan karena kerusakan mesin.

Masuknya Verstappen ke pit pada putaran ke-29 membuat duo Ferrari yakni Raikkonen dan Vettel memimpin. Hamilton dan Bottas berturut-turut di belakangnya, disusul Verstappen dan Magnussen.

Di putaran ke-39, Vettel merebut posisi terdepan dari Raikkonen. Pada putaran ke-46, hujan kembali turun. Sejumlah pebalap masuk ke pit untuk mengganti ban kering ke ban intermediate.

Hujan hanya bertahan tiga lap, mereda di putaran ke-49. Verstappen di posisi empat sudah berganti ban tiga kali, dari ultra soft, ke soft, lalu ke intermediate, dan kembali ke ultra soft.

Di putaran ke-51, Charles Leclerc dan Sergio Perez melintir. Sementara Bottas merebut posisi dua dari Raikkonen. Vettel masih memimpin balapan.

Vettel menabrak dinding! Sang pemimpin balapan melebar di putaran ke-53 dan menabrak dinding, sehingga gagal melanjutkan balapan. Bottas masuk ke pit untuk memasang ban ultra soft.

Di putaran ke-54, Hamilton memimpin balapan disusul Bottas, Raikkonen, dan Verstappen. Dari posisi lima hingga 10 adalah Hulkenberg, Perez, Ocon, Ericsson, Grosjean, Sainz.

Hamilton dengan nyaman memimpin, unggul lebih dari dua detik dari Bottas di putaran ke-59. Sementara Bottas diinstruksikan untuk menahan posisi.

Sampai satu putaran tersisa, Hamilton unggul empat detik dari Bottas. Tak ada kesalahan atau insiden dari sang juara bertahan, sehingga membawa pulang kemenangan. Bottas finis kedua disusul Raikkonen di podium tiga.

Verstappen di posisi empat, Hulkenberg, Grosjean, Perez, Ocon, Ericsson, dan Hartley melengkapi 10 besar. Empat pebalap yang gagal finis adalah Lance Stroll, Vettel, Sergey Sirotkin, dan Ricciardo.
(raw/rin)

Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed