detiksport
Follow detikSport
Senin, 01 Okt 2018 01:35 WIB

Bottas Pahami Keputusan Team Order Mercedes

Okdwitya Karina Sari - detikSport
Valtteri Bottas menerima keputusan team order Mercedes. (Foto: Clive Mason/Getty Images) Valtteri Bottas menerima keputusan team order Mercedes. (Foto: Clive Mason/Getty Images)
Sochi - Valtteri Bottas mesti merelakan gelar juara GP Rusia ke tangan rekan setimnya, Lewis Hamilton. Menyusul keputusan team order dari Mercedes.

Pada balapan di Sirkuit Sochi Autodrom, Minggu (30/9/2018), Bottas memulai dari urutan terdepan usai merebut pole dalam kualifikasi. Alhasil, pebalap Finlandia tersebut memimpin jalannya balapan yang berpotensi besar dimenanginya.

Akan tetapi, di tengah-tengah balapan Mercedes memerintahkan team order. Bottas mesti minggir untuk memberi jalan kepada Hamilton untuk mengambil posisi terdepan hingga akhirnya keluar sebagai pemenang.


Bottas pun urung meraih kemenangan pertamanya di musim ini. Eks pebalap Williams itu menyudahi race di posisi kedua, berjarak 2,5 detik dari Hamilton dan kurang dari lima detik di depan driver Ferrari Sebastian Vettel.

"Sejujurnya, aku sudah memahami situasinya," Bottas mengungkapkan usai balapan dikutip Crash.


"Kalau Anda menempatkan diri sendiri di posisi pemimpin tim, bagi mereka tidak masalah apakah akua tau Lewis yang menang selama (Mercedes) 1-2 dan kami mendapatkan angka maksimal."

"Untuk akhir musim, hanya Lewis yang bertarung untuk kejuaraan bukannya aku, jadi untuk tim selalu lebih baik kalau Lewis menang - ya begitulah," ucap dia.

Hasil di Rusia tidak mengubah posisi Bottas di posisi ketiga klasemen. Bottas mengoleksi 189 poin, terpaut 67 poin dari Vettel di atasnya dan unggul tiga poin dari Kimi Raikkonen (Ferrari). (rin/din)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed