detiksport
Follow detikSport
Minggu, 07 Okt 2018 14:25 WIB

Hasil F1 GP Jepang 2018: Hamilton Menang, Vettel Keenam

Mohammad Resha Pratama - detikSport
Lewis Hamilton memenangi balapan F1 GP Jepang 2018 (Issei Kato/REUTERS) Lewis Hamilton memenangi balapan F1 GP Jepang 2018 (Issei Kato/REUTERS)
Suzuka - Lewis Hamilton makin kokoh di puncak klasemen F1 setelah memenangi balapan GP Jepang. Hasil ini makin manis karena Sebastian Vettel gagal finis podium.

Pada balapan yang dihelat di sirkuit Suzuka, Minggu (7/10/2018) siang WIB, Hamilton yang memegang pole position langsung tancap gas sejak start. Dia mengamankan posisi dari kejaran rekan setimnya di Mercedes GP, Valtteri Bottas, Max Verstappen, Kimi Raikkonen, dan Romain Grosjean.

Sementara, Vettel yang start dari posisi kesembilan berhasil merangsek ke posisi keenam dan dengan cepat naik ke posisi kelima usai menyalip Grosjean. Di lap awal ini terjadi insiden ketika mobil Verstappen dan Raikkonen bersenggolan.




Insiden ini dimanfaatkan Vettel untuk naik ke posisi keempat. Start yang luar biasa untuk Vettel setelah hasil buruk di sesi kualifikasi. Verstappen lantas mendapat hukuman penalti lima detik karena dianggap menabrak Raikkonen sehingga keluar lintasan.

Selepas tiga lap, Hamilton masih nyaman memimpin balapan diikuti Bottas, Verstappen, Vettel, dan Raikkonen.

Pada lap kedelapan terjadi lagi insiden ketika Verstappen dan Vettel bersenggolan sehingga membuat nama terakhir melorot jauh ke posisi ke-19!

Memasuki lap ke-20, Hamilton melebarkan jarak dengan Bottas menjadi 4,2 detik, sementara Verstappen tetap melihat peluang untuk bisa menyalip Bottas.

Lap demi lap berlalu, Hamilton dengan nyaman memimpin balapan sementara Bottas berusaha menjaga jarak dengan Verstappen yang terus memangkas waktu.

Vettel sementara berhasil mendahului para pebalap di depannya untuk bisa memperbaiki posisinya dan dia sudah ada di urutan keenam ketika memasuki lap ke-45.




Sampai balapan berakhir di lap ke-53, Hamilton tetap ada di urutan pertama dan melintasi garis finis tanpa hambatan sama sekali. Ini adalah kemenangan keempat beruntun Hamilton atau yang kesembilan musim ini.

Sementara, Bottas berhasil mempertahankan posisi kedua dari kejaran Verstappen yang harus puas di posisi ketiga.

Berurutan melengkapi posisi sepuluh besar adalah Daniel Ricciardo, Kimi Raikkonen, Vettel, Sergio Perez, Romain Grosjean, Sebastian Ocon, dan Carlos Sainz Jr.
Dengan tambahan 25 angka di balapan ini, Hamilton makin kokoh di posisi teratas klasemen dengan keunggulan 67 poin atas Vettel di posisi kedua. Hamilton kini punya 331 poin sementara Vettel dengan 264 poin.

Di posisi ketiga ada Bottas dengan 207 poin disusul Raikkonen dengan 196 poin dan Verstappen (173 poin).

Hasil GP Jepang

Hasil F1 GP Jepang 2018: Hamilton Menang, Vettel KeenamFoto: Issei Kato/REUTERS


(mrp/rou)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed