detiksport
Follow detikSport Linkedin share
Senin, 22 Okt 2018 03:00 WIB

Hasil F1 GP AS 2018: Raikkonen Menang, Pesta Juara Hamilton Tertunda

Mohammad Resha Pratama - detikSport
Kimi Raikkonen menangi GP Amerika Serikat 2018 (Mark Thompson/Getty Images) Kimi Raikkonen menangi GP Amerika Serikat 2018 (Mark Thompson/Getty Images)
Austin - Kimi Raikkonen berhasil memenangi balapan GP Amerika Serikat 2018. Hasil ini sekaligus menunda pesta juara dunia Lewis Hamilton yang harus puas finis ketiga.

Pada balapan di Circuit of Americas, Austin, Senin (22/10/2018) dinihari WIB, Raikkonen yang start di posisi kedua berhasil memimpin balapan sejak lap pertama. Sempat turun di pertengahan balapan, pebalap Ferrari itu mampu merebut posisi terdepan di atas lap ke-30 sebelum mempertahankan hingga akhir.

Hamilton yang berupaya jadi juara dunia di seri ini harus mengurungkan niatnya karena dia gagal finis kedua setelah dikalahkan Max Verstappen. Finis ketiga yang dibarengi keberhasilan Sebastian Vettel finis keempat usai mengalahkan Valtteri Bottas, Hamilton harus menunggu hingga seri Meksiko pekan depan.

Pebalap Mercedes itu kini punya 346 poin, unggul 70 poin dari Vettel di posisi kedua dengan 276 poin, di mana musim 2018 menyisakan tiga balapan lagi. Raikkonen naik ke posisi ketiga klasemen pebalap dengan 221 poin disusul Bottas dengan 217 poin.




Jalannya balapan

Begitu lampu hijau tanda start menyala, Raikkonen langsung menyerang Hamilton yang memegang pole position. Serangan ke sisi dalam itu berhasil karena Raikkonen langsung mengambil alih pimpinan balapan selepas tikungan pertama.

Valtteri Bottas tetap ada di posisi ketiga diikuti oleh Daniel Ricciardo dan Sebastian Vettel. Dua nama terakhir sempat bersenggolan hingga membuat Vettel melintir dan keluar lintasan.

Vettel lantas turun ke posisi ke-14 dan berjarak 15 detik dari Raikkonen sebagai pimpinan balapan. Kondisi ini jelas menguntungkan Hamilton dalam perburuan gelar juara F1.

Lima lap berjalan, Hamilton terus memburu Raikkonen dengan selisih 1,6 detik dan Bottas dengan setia menguntit di posisi ketiga. Ban supersoft digunakan oleh Mercedes sementara Raikkonen menggunakan ultrasoft.

Di lap ke-11, Ricciardo harus out usai berbenturan dengan Vettel di lap pertama. Hamilton masuk pit pertama kali di lap ke-12 sementara Raikkonen tetap memimpin balapan.

Usai pit, Hamilton drop ke posisi ketiga dan Raikkonen memperlebar jarak jadi delapan detik di lap ke-14. Satu lap kemudian, team order di Mercedes ketika Hamilton dibiarkan melewati Bottas di possi kedua.

Hamilton akhirnya memimpin balapan pada lap ke-23 setelah Raikkonen masuk pit. Lalu di mana Vettel? Vettel rupanya sudah ada di posisi ketiga sambil dibayangi oleh Verstappen.

Pada lap ke-26, Vettel yang mulai kehabisan ban dilewati Verstappen sebelum akhirnya masuk ke pit. Empat lap setelahnya, Hamilton masih unggul jauh dari Raikkonen di posisi kedua dengan selisih waktu 17 detik, disusul Verstappen dan Bottas.




Raikkonen terus mendekati Hamilton dan coba memangkas jarak waktu. Di lap ke-34, selisih waktu sudah berkurang jadi 13,8 detik dan di lap ke-38, Hamilton kehilangan posisi terdepan usai masuk pit. Dia melorot ke urutan keempat, sementara Raikkonen berada di posisi terdepan.

Team order lagi-lagi dilakukan Mercedes di lap ke-40 ketika Hamilton melewati Bottas begitu saja untuk mendekati Verstappen yang tengah mengejar Raikkonen. Persaingan Raikkonen, Verstappen, dan Hamilton terjadi setelahnya.

Verstappen terus mendekati Raikkonen dan di lima lap terakhir, jarak keduanya hanya sekitar 1,2 detik. Hamilton terus mendekati Verstappen untuk mengambil posisi kedua karena itu sudah cukup mengantarkan jadi juara mengingat Vettel ada di posisi kelima.

Terjadi pertarungan sengit antara Verstappen dan Hamilton untuk berebut posisi kedua. Salip-menyalip terjadi di antara keduanya. Vettel tentu was-was melihat manuver Hamilton tesebut.




Usahanya untuk menahan pesta juara Hamilton berbuah hasil ketika dia menyalip Bottas di lap ke-54 untuk berada di posisi keempat. Dengan demikian, gelar juara dunia tidak bisa diamankan Hamilton di seri ini.

Raikkonen akhirnya jadi pebalap pertama yang menyentuh garis finis disusul Verstappen dan Hamilton. Misi Vettel pun berhasil meski dia hanya finis posisi keempat disusul Bottas. Melengkapi posisi 10 besar ada Nico Hulkenberg, Carlos Sainz Jr, Sebastian Ocon, Kevin Magnussen, dan Sergio Perez.

Hasil F1 GP AS 2018: Raikkonen Menang, Pesta Juara Hamilton TertundaFoto: twitter @F1



Saksikan juga video 'Raikkonen Tercepat di GP Amerika, Hamilton Gagal Selebrasi Juara':

[Gambas:Video 20detik]

(mrp/mrp)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed