detiksport
Follow detikSport Linkedin share
Senin, 12 Nov 2018 09:00 WIB

Perseteruan Verstappen-Ocon Usai Tabrakan di GP Brasil

Okdwitya Karina Sari - detikSport
Max Verstappen (Red Bull) dan Esteban Ocon (Force India) bertabrakan yang berlanjut dengan konfrontasi di luar lintasan GP Brasil. (Foto: Lars Baron/Getty Images) Max Verstappen (Red Bull) dan Esteban Ocon (Force India) bertabrakan yang berlanjut dengan konfrontasi di luar lintasan GP Brasil. (Foto: Lars Baron/Getty Images)
Interlagos - Insiden dengan Esteban Ocon membuat Max Verstappen kehilangan peluang memenangi GP Brasil. Perseteruan itu berlanjut di luar lintasan balap.

Pada balapan di Sirkuit Interlagos, Senin (12/11/2018) dinihari WIB, Verstappen start di posisi kedua. Namun, pebalap Red Bull itu mampu memimpin balapan menyalip Lewis Hamilton, yang start terdepan.

Sampai pada putaran ke-44, Verstappen bertabrakan dengan Ocon. Di tikungan kedua, pebalap Force India itu mencoba menyalip lawannya dari sisi dalam. Namun, manuver Ocon menyenggol ban belakang Verstappen sehingga kedua pebalap terpelintir.

[Gambas:Youtube]

Hamilton yang diuntungkan dari insiden itu. Pebalap Mercedes ini mengambil alih pimpinan lomba untuk meluncur melewati garis finis dengan keunggulan nyaris 1,5 detik dari Verstappen yang mesti puas dengan runner-up. Sementara Ocon finis ke-14.

Pebalap Belanda itu mengungkapkan kemarahannya lewat radio tim dan mendatangi Ocon di garasinya usai balapan. Rekaman kamera televisi memperlihatkan Verstappen mendorong Ocon berkali-kali sebelum dilerai. Ocon mengklaim Verstappen ingin memukulnya.


"Itu adalah tindakan kekerasan dan tidak profesional," sembur Ocon dilansir Crash.net. "Kalau tidak dia mungkin akan memukulku, tapi itu mungkin menjadi sebuah hal yang bagus karena semua orang akan melihatnya. Itu bukan perilaku yang seharusnya dimiliki orang seorang pebalap profesional."

"Setelah balapan, memang ada emosi, aku bisa memahaminya tapi Anda bisa berbicara Anda tidak perlu datang main tangan. Pertarungan seharusnya ada di lintasan. Kita kan atlet, memberi contoh pada banyak anak muda, banyak orang di depan televisi. Kalau kejadian itu terekam pada hari ini, maka akan menjadi berita besar. Bagiku ini tidak benar," sahut pebalap Prancis tersebut.

Insiden itu membuat Verstappen kecewa karena gagal meraih kemenangan ketiganya di musim ini. Sebelumnya, Verstappen naik podium tertinggi di Austria dan Meksiko.

"Aku mendatangi dia untuk bertanya, dan dia cuma memberikan sebuah respons bodoh dari sudut pandang dia," jawab Verstappen. "Ketika Anda emosi dan semacam itu, aku kan juga seorang pebalap. Pada akhirnya, tidak ada apa-apa kok. Aku tidak tahu apa masalah dia."

Pada prosesnya, Verstappen dan Ocon dipanggil steward untuk menjelaskan tentang insiden mereka. Kedua pebalap telah berjabat tangan di paddock usai pertemuan.

Meski demikian, Verstappen tidak lepas dari hukuman. Pebalap berusia 21 tahun itu dijatuhi hukuman FIA berupa pelayanan masyarakat selama dua hari karena konfrontasinya dengan Ocon.


Saksikan juga video Ketika Verstappen Juara GP Austria, Vettel Pimpin Klasemen':

[Gambas:Video 20detik]


Perseteruan Verstappen-Ocon Usai Tabrakan di GP Brasil
(rin/cas)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed