detiksport
Follow detikSport Linkedin share
Senin, 24 Des 2018 08:26 WIB

10 Statistik Menarik F1 2018

Doni Wahyudi - detikSport
Lewis Hamilton tampil superior di musim balap F1 2018 (REUTERS/Ahmed Jadallah) Lewis Hamilton tampil superior di musim balap F1 2018 (REUTERS/Ahmed Jadallah)
Jakarta - Musim balap Formula 1 2018 tuntas dengan Lewis Hamilton tampil mendominasi dan jadi juara dunia. Dikutip dari Marca, berikut 10 fakta dan statistik balapan F1 musim 2018:

- Lewis Hamilton menjadi pebalap pertama yang menembus 400 poin dalam satu musim. Tahun ini driver asal Inggris itu mengoleksi 408 poin.

- Daniel Ricciardo cuma dua kali naik podium di musim ini. Tapi dua kesempatan naik podium itu dia tuntaskan sekaligus dengan jadi juara yakni di China dan Monaco.

- Valtteri Bottas tujuh kali finis di posisi dua musim ini, namun tak sekalipun dia jadi juara. Ini adalah rekor tertinggi setelah Michael Schumacher di tahun 2012.



- Tahun 2018 adalah musim untuk dilupakan oleh William. Untuk kali pertama mereka finis di dasar klasemen, dengan cuma mengoleksi tujuh angka.

- Fernando Alonso memutuskan pensiun di akhir 2018. Itu membuat driver asal Spanyol itu tak mampu melewati Schumacher dalam hal jumlah lap terbanyak. Alonso cuma kalah 47 lap dari Schumacher.

- Max Verstappen menjalani musim terbaiknya. Selain menutup tahun di urutan empat, pebalap asal Belandang ini juga sempat lima kali beruntun naik podium.

- Untuk kali pertama sepanjang sejarah, seluruh pebalap F1 dalam satu musim balap bisa meraih poin. Sergey Sirotkin menuntaskan musim dengan 1 angka dan berada di posisi paling bawah.



- Stoffel Vandoorne tak berdaya di hadapan Fernando Alonso. Dia menjadi pebalap pertama yang tak pernah dapat hasil lebih bagus dibanding rekan setimnya. Pebalap terakhir yang punya catatan serupa adalah Nelson Piquet di 2008.

- Kimi Raikkonen mematahkan rekor top speed di Sirkuit Monza. Catatan Juan Pablo Montoya (262,242 km/jam) kalah oleh laju Kimi (263,587 km/jam).

- Hamilton juga memtahkan rekor berusia 10 tahun saat dia memenangi balapan di Singapura setelah start dari posisi 14. Rekor itu sebelumnya dipunya Fernando Alonso pada 2008. (din/din)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed