detiksport
Follow detikSport Linkedin share
Selasa, 14 Mei 2019 18:45 WIB

Belanda Kembali Gelar Formula 1 Mulai 2020

Redzi Arya Pratama - detikSport
GP Belanda tahun 1961 di sirkuit Zandvoort. (Foto: Michael Hardy/Daily Express/Hulton Archive/Getty Images) GP Belanda tahun 1961 di sirkuit Zandvoort. (Foto: Michael Hardy/Daily Express/Hulton Archive/Getty Images)
Jakarta - Formula 1 akan kembali dihelat di Belanda mulai 2020. Setelah 35 tahun absen, GP Belanda akan hadir di Zandvoort yang merupakan kawasan resor pantai.

Melalui situs resminya, F1 mengumumkan kembalinya GP Belanda mulai musim depan. Dari kesepakatan antara F1 dan GP Belanda ini, setidaknya akan ada tiga musim yang digelar di sana.

Heineken dipastikan menjadi sponsor utama untuk seri ini. Sehingga nama resmi balapan ini adalah Formula 1 Heineken Dutch Grand Prix 2020.




Zandvoort sendiri merupakan daerah resor pantai utama di Belanda. Lokasinya tak jauh dari Amsterdam, hanya sekitar 37 km atau tak sampai satu jam perjalanan dengan mobil. Sirkuitnya sendiri terletak tak jauh dari pantai.

Sirkuit Zandvoort sebenarnya punya sejarah panjang di F1 karena sempat digunakan mulai 1952 sampai 1985. Maka balapan tahun depan pun menjadi gelaran ke-31 di trek tersebut.

F1 memastikan dalam beberapa bulan ke depan sejumlah fasilitas di sirkuit akan direnovasi untuk memenuhi standar FIA. Trek dan infrastruktur juga takkan luput dari pemugaran.




"Kami dengan bangga mengumumkan bahwa Formula 1 kembali digelar di Belanda, di sirkuit Zandvoort. Sejak awal era kami di Formula 1, kami mengatakan ingin menggelar balapan di tempat-tempat baru, namun juga dengan menghormati sejarah olahraga ini di Eropa," ujar CEO F1, Chase Carey.

"Oleh karena itu musim depan, kami akan punya balapan jalan raya yang akan digelar di ibukota Vietnam, Hanoi, juga kembalinya seri ke Zandvoort setelah absen 35 tahun. Zandvoort adalah sirkuit yang sudah berkontribusi terhadap popularitas olahraga ini di seluruh dunia."

"Beberapa tahun belakangan kami sudah melihat bangkitnya ketertarikan terhadap Formula 1 di Belanda, utamanya karena dukungan antusias kepada Max Verstappen, seperti yang terlihat dari lautan warna jingga tribune pada banyak balapan. Tak diragukan lagi ini akan jadi warna dominan di grandstand Zandvoort tahun depan," ungkapnya terkait suporter Belanda di tribune.


(raw/yna)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed