detikSport
Follow detikSport Linkedin share
Minggu, 26 Mei 2019 22:41 WIB

Lewis Hamilton Catatkan Kemenangan Ketiga di GP Monako

Lucas Aditya - detikSport
Driver Mercedes, Lewis Hamilton. (Foto: Benoit Tessier/Reuters) Driver Mercedes, Lewis Hamilton. (Foto: Benoit Tessier/Reuters)
Monte Carlo - Driver Mercedes, Lewis Hamilton, meraih kemenangan di GP Monako 2019. Hasil itu menjadi kemenangan ketiga di sepanjang keikutsertaan di ajang Formula 1.

Dalam balapan di Circuit de Monaco, Minggu (26/5/2019) malam WIB, Hamilton tak terbendung sejak start. Dia mampu menjadi pimpinan balapan sejak awal hingga melahap 78 lap.

Sebelum ini, Hamilton menjadi pemenang GP Monako 2008 dan edisi balapan 2016.

Dengan kemenangan ini, Hamilton kian kukuh di posisi pertama klasemen dengan koleksi 137 poin. Dia unggul 17 poin dari rekan setimmnya, Valtteri Bottas, yang ada di posisi kedua.

Menempati posisi ketiga ada Sebastian Vettel dengan koleksi 82 angka. Max Vertappen ada di posisi keempat dengan raihan 78 poin.


Baca juga: Hasil GP Monako



Jalannya Balapan

Penghormatan untuk Niki Lauda dilakukan sebelum balapan keenam Formula 1 2019. Ada mengheningkan cipta yang dilakukan oleh para pebalap.

Hamilton mampu melakukan start bagus. Dia bisa mempertahankan pole position.

Valtteri Bottas nyaris didahului oleh Max Verstappen! Driver Mercedes itu bisa menutup jalur Verstappen untuk tetap ada di posisi kedua.

Saat sudah tujuh lap, Hamilton sudah sangat jauh dari pebalap kelima, Daniel Riciardo. Selisih waktunya mencapai 16,987 detik.

Seperti balapan-balapan di Monako sebelum-sebelumnya, safety car acap kali masuk ke trek. Kali ini disebabkan oleh pecahan-pecahan ban Charles Lecrec pada lap ke-11.

Banyak pebalap melakukan pit, Bottas dan Verstappen contohnya. Verstappen bisa melakukan pit lebih cepat, hingga melalui Bottas.

Dalam tayangan lambat, terjadi senggolan antara Bottas-Verstappen. Pebalap Finlandia itu melakukan pit lagi hingga turun ke peringkat keempat. Vettel kini ada di urutan ketiga.




Tiga putaran safety car ada di lintasan, itu memangkas jarak antara Hamilton dengan pebalap kedua.

Lecrec menjadi pebalap pertama yang harus menyudahi race lebih cepat. Di lap ke-19 mobilnya masuk garasi.

Akibat insiden dengan Bottas, Vertappen mendapatkan hukuman penalti lima detik dari waktu total balapannya.

Komposisi tiga pebalap terdepan hingga lap ke-35, Hamilton masih menjadi yang terdepan. Menyusul kemudian ada Verstappen dan Vettel.

Dengan ban medium, Hamilton nyaman memimpin balapan hingga lap ke-50. Jaraknya dengan pebalap terdekat, Verstappen, tak sampai satu detik.

Hamilton tak terkejar lagi hingga sisa balapan. Susunan lima pebalap tercepat juga tak berubah, Verstappen menyentuh garis finis kedua, Vettel di tempat ketiga, Bottas di posisi keempat, dan kelima ditempati oleh Pierre Gasly.






(cas/mrp)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksport.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com