detikSport
Follow detikSport Linkedin share
Senin, 15 Jul 2019 12:04 WIB

Kemenangan Bersejarah Lewis Hamilton di GP Inggris

Yanu Arifin - detikSport
Foto: Bryn Lennon/Getty Images Foto: Bryn Lennon/Getty Images
Northampton - Lewis Hamilton keluar sebagai pemenang Grand Prix Inggris Formula 1 2019. Driver Mercedes itu membuat sejarah baru di balapan Britania Raya.

Hamilton menjadi yang tercepat di seri balapan ke-10, yang berlangsung di Sirkuit Silverstone, Inggris, Minggu (14/7/2019). Driver berusia 34 tahun itu mengungguli rekan setimnya di Mercedes, Valtteri Bottas, dan pilot jet darat Ferrari Charles Leclerc.

Bagi Hamilton, kemenangan itu membuatnya kukuh di puncak klasemen pebalap Formula 1 2019 dengan 223 poin, unggul 39 poin dari Bottas (184) dan 87 poin dari Max Verstappen (136). Kemenangannya di Inggris. Tak cuma itu, hasil di GP Inggris membuatnya mencetak sejarah baru.




Dilansir BBC, Hamilton menjadi driver pertama yang mampu meraih enam kemenangan di GP Inggris. Ia melewati capaian legenda pebalap F1 seperti Jim Clarck dan Alain Prost, yang baru lima kali menjadi pemenang.

Enam kemenangan Hamilton di Inggris pertama diraih pada 2008, kemudian disusul pada 2014, 2015, 2016, 2017, dan terakhir pada 2019.


Kemenangan Bersejarah Lewis Hamilton di GP InggrisLewis Hamilton mengarak bendera Inggris dari atas mobil balapnya. (Foto: Bryn Lennon/Getty Images)


Tak cuma itu, Hamilton menjadi pebalap tuan rumah pertama yang bisa meraih enam kemenangan di Inggris. Ia melewati capaian Clark (5) dan Nigel Mansell (4).

"Saya tak bisa katakan betapa bangganya saya berada di sini, di depan para pendukung saya di rumah," kata Hamilton dilansir BBC.

"Ada banyak bendera Inggris berkibar dan setiap tahun saya melihatnya an berpikir anda akan terbiasa tapi ini terasa seperti baru pertama kali memenangkannya dan saya akan selalu berterima kasih kepada semuanya di luar sana, nikmatilah hari ini," ucap mantan pebalap McLaren itu.

Kemenangan Bersejarah Lewis Hamilton di GP Inggris


Simak Video "Tercepat! Hamilton Raih Pole Position GP Australia"
[Gambas:Video 20detik]
(yna/cas)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksport.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com