detikSport
Follow detikSport Linkedin share
Rabu, 13 Nov 2019 18:11 WIB

Ada Peraturan Baru di Tahun 2021, Honda Mundur dari F1?

Adhi Prasetya - detikSport
Red Bull Racing baru semusim memakai mesin Honda. Foto: Dan Istitene/Getty Images Red Bull Racing baru semusim memakai mesin Honda. Foto: Dan Istitene/Getty Images
Jakarta - Honda sedang mempertimbangkan kelanjutan kiprah mereka di F1. Mereka disebut akan memberikan keputusan sebelum musim balapan tahun ini berakhir.

Honda diketahui baru kembali ke ajang jet darat ini pada 2015 lalu sebagai pabrikan tim McLaren. Gagal menjuarai satupun gelar konstruktor selama tiga musim beruntun, kerja sama kedua pihak akhirnya usai.

Honda lalu pindah dan menyuplai mesin untuk Scuderia Toro Rosso pada 2018. Setahun kemudian, giliran Red Bull Racing yang menggunakan jasa Honda. Hasilnya pun cukup baik, di mana tim asal Austria itu dipastikan finis di tiga besar klasemen konstruktor.

Pebalap Red Bull, Max Verstappen, bahkan berhasil dua kali menang musim ini, yakni di GP Austria dan GP Jerman, serta tujuh kali naik podium. Raihan ini membuat Honda dipercaya mampu membuat mesin yang bisa menyaingi Mercedes dan Ferrari di tahun-tahun mendatang.



Namun kini muncul kabar tak sedap. Pabrikan asal Jepang itu digosipkan mundur dari F1. Hal itu diungkapkan oleh Kepala Program Pengembangan Pebalap Red Bull, Dr. Helmut Marko.

"Honda masih belum memutuskan (mundur atau tidak dari F1)," ujar Marko, dikutip dari Grandprix.

Ditengarai, peraturan baru yang akan berlaku pada musim balapan 2021 menjadi salah satu pertimbangan Honda. Diketahui, FIA dan Formula 1 baru saja merilis sejumlah aturan baru pada 31 Oktober lalu.



Perubahan tersebut meliputi banyak hal, mulai dari desain mobil hingga pembatasan budget untuk meningkatkan performa mobil. Hal ini dimaksudkan agar persaingan antar tim menjadi lebih ketat. Sejauh ini, belum ada satu pun pabrikan yang sudah mendaftar untuk musim balapan 2021.

"Peraturannya sudah jelas, jadi kamu sudah bisa menghitung seberapa murah biaya pengembangan mesinnya. Akan ada pembatasan dalam hal dyno time dan juga beberapa material tertentu."

"Saya pikir mereka akan memutuskanya saat balapan di Abu Dhabi nanti," kata Marko menambahkan.

Simak Video "Momen Rossi Jajal Mobil F1 dan Hamilton Geber MotoGP"
[Gambas:Video 20detik]
(adp/din)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksport.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com