detikSport
Follow detikSport Linkedin share
Sabtu, 14 Mar 2020 05:00 WIB

Balapan F1 di Bahrain dan Vietnam Ditunda Gegara COVID-19

Bayu Baskoro - detikSport
BAHRAIN, BAHRAIN - APRIL 03: George Russell of Great Britain driving Mercedes AMG Petronas F1 Team Mercedes W10 during F1 testing in Bahrain at Bahrain International Circuit on April 03, 2019 in Bahrain, Bahrain. (Photo by Lars Baron/Getty Images) Balapan Formula 1 di Bahrain dan Vietnam resmi ditunda (Foto: Getty Images/Lars Baron)
Jakarta -

Balapan Formula 1 di Bahrain dan Vietnam dipastikan ditunda. Hal ini menyusul wabah virus corona yang tengah melanda hampir semua negara di dunia.

Pengumuman tersebut disampaikan laman resmi F1, Jumat (13/3/2020). Penundaan dua balapan itu dilakukan setelah pembatalan balapan pembuka F1 2020 yang seharusnya digelar pada GP Australia, Minggu (15/3).

Race F1 di Bahrain awalnya dijadwalkan pada 20-22 Maret di Bahrain International Cirkuit, sementara GP Vietnam berlangsung tanggal 3-5 April di Hanoi. Namun, ancaman penyebaran virus corona membuat balapan tak bisa digelar sesuai rencana.

"Menyusul pengumuman pembatalan Grand Prix Australia minggu ini dan merebaknya COVID-19 secara global, Formula 1, FIA, serta para promotor telah mengambil keputusan ini untuk memastikan kesehatan dan keselamatan staf, para peserta dan penggemar tetap menjadi perhatian utama kami," begitu isi pernyataan resmi pembatalan balapan di Bahrain dan Vietnam, dilansir dari laman F1.

Jadwal ulang untuk race di Bahrain dan Vietnam juga belum ditentukan hingga saat ini. Pihak F1 dan FIA terus memantau perkembangan dengan para promotor di dua negara tersebut agar dapat mendapatkan tanggal alternatif untuk diselenggarakannya balapan di sana.

Dengan mundurnya balapan di Bahrain dan Vietnam, maka kejuaraan F1 musim ini baru mulai digeber di Eropa pada akhir Mei 2020. Meski demikian, jadwal tersebut juga bakal terus dipantau mengingat virus corona juga sudah menjangkiti Benua Biru.

Andai jadi digelar pada akhir Mei mendatang, maka balapan F1 musim ini akan start pada GP Monako yang sudah dijadwalkan berlangsung pada 24 Mei. Ada pun dua balapan Eropa lainnya yang seharusnya diselenggarakan sebelumnya, yakni di Belanda dan Spanyol, turut mendapatkan perubahan jadwal.



Simak Video "Formula 1 2020 Kemungkinan Digelar Tanpa Penonton"
[Gambas:Video 20detik]
(bay/yna)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksport.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com