detikSport
Follow detikSport Linkedin share
Senin, 06 Apr 2020 07:00 WIB

Eks Bos F1 Sarankan Musim Balapan 2020 Dibatalkan

Adhi Prasetya - detikSport
MELBOURNE, AUSTRALIA - MARCH 25: Lewis Hamilton of Great Britain driving the (44) Mercedes AMG Petronas F1 Team Mercedes WO9 leads Kimi Raikkonen of Finland driving the (7) Scuderia Ferrari SF71H , Sebastian Vettel of Germany driving the (5) Scuderia Ferrari SF71H and the rest of the field at the start during the Australian Formula One Grand Prix at Albert Park on March 25, 2018 in Melbourne, Australia.  (Photo by Mark Thompson/Getty Images) F1 musim 2020 diragukan bisa menggelar delapan balapan, yang menjadi syarat kejuaraan. Foto: Getty Images/Mark Thompson
London -

Pandemi virus corona mengganggu jalannya Formula 1 2020. Eks bos F1, Bernie Ecclestone, ragu balapan jet darat musim ini bisa diadakan.

Saat ini, sudah ada delapan seri balapan yang harus ditunda atau dibatalkan, yakni Grand Prix Australia, Bahrain, Vietnam, China, Belanda, Spanyol, Monako, dan Azerbaijan.

Dengan demikian, masih ada 14 balapan yang masih tetap sesuai jadwal. Sedangkan balapan yang ditunda hingga kini belum ada jadwal penggantinya.

Diketahui, penyebaran COVID-19 masih belum usai sampai sekarang. Artinya, ada kemungkinan seri balapan yang batal digelar tepat waktu akan bertambah.

Hal itu pun mengancam nasib penyelenggaraan F1. Menurut aturan resmi, satu musim balapan baru dianggap sebagai sebuah kejuaraan dunia jika ada minimal delapan seri balapan yang terlaksana. Dan

Ecclestone merasa hal itu sulit terjadi di musim ini.

"Sebaiknya kita hentikan saja musim balapan tahun ini dan kembali lagi pada tahun depan," kata Ecclestone kepada BBC Radio Five Live.

"Karena saya melihat, rasanya tak mungkin bisa melaksanakan jumlah balapan yang cukup untuk bisa disebut sebagai kejuaraan dunia."

"Harus ada setidaknya delapan balapan, dan rasanya tak mungkin hal itu terjadi. Situasinya amat sulit," ujar pebisnis berusia 89 tahun itu.



Simak Video "Formula 1 2020 Kemungkinan Digelar Tanpa Penonton"
[Gambas:Video 20detik]
(adp/pur)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksport.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com