detikSport
Follow detikSport Linkedin share
Sabtu, 11 Apr 2020 10:42 WIB

F1 2020 Ditunda Karena Corona, Renault Rumahkan Karyawan

Adhi Prasetya - detikSport
French Formula One driver Esteban Ocon enters his car during a test day at the Yas Marina Circuit in Abu Dhabi, on December 3, 2019. - The highly-rated 23-year-old Frenchman will race for Renault next year as successor to Nico Hulkenberg alongside Daniel Ricciardo. (Photo by GIUSEPPE CACACE / AFP) Renault merumahkan para karyawannya di tengah pandemi Corona yang masih berlangsung. Foto: AFP/GIUSEPPE CACACE
Jakarta -

Formula 1 2020 tak kunjung mulai dikarenakan pandemi virus Corona yang masih berlangsung. Hal ini membuat Renault terpaksa merumahkan sebagian besar karyawannya.

Lewat keterangan resmi klub, Jumat (10/4/2020) lalu, Renault akan menerapkan skema cuti pemerintah Inggris bagi para karyawannya yang berbasis di sana. Mereka akan menerima 80 persen gaji setidaknya hingga Mei mendatang.

Meski aktivitas di Inggris dihentikan, markas mereka yang mengurus soal mesin yang terletak di Viry-Chatillon, sekitar 20 km dari pusat kota Paris, masih terus beroperasi.

Hanya saja, jam kerja di sana juga dikurangi, setidaknya selama 3 bulan ke depan, tergantung perkembangan terkini pandemi virus Corona, khususnya di Eropa.

"Kondisi sulit saat ini serta lockdown ketat di Prancis dan Inggris, dan juga di negara-negara lain yang menyelenggarakan F1, membuat kami belum bisa mengukur seberapa besar dampaknya pada olahraga ini," ujar Managing Director Renault Sport, Cyril Abiteboul.

"Oleh karena itu, kami harus melakukan semua yang diperlukan untuk melalui periode ini sebaik mungkin, juga untuk melindungi keseluruhan tim yang sudah dibangun selama 4 tahun terakhir," sambungnya.

Renault menjadi tim keempat yang merumahkan para karyawannya. Sebelumnya, McLaren, Williams, dan Racing Point sudah melakukan hal serupa.

Sejauh ini, sudah ada 9 balapan F1 yang ditunda atau dibatalkan dari total 22 balapan. Belum ada kepastian apakah balapan yang ditunda akan dijadwal ulang atau tidak.



Simak Video "Renault Bakal PHK 15.000 Pekerja, Terbanyak di Prancis!"
[Gambas:Video 20detik]
(adp/rin)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksport.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com