detikSport
Follow detikSport Linkedin share
Selasa, 14 Apr 2020 09:00 WIB

Lockdown Diperpanjang, F1 Prancis Ditunda?

Adhi Prasetya - detikSport
LE CASTELLET, FRANCE - JUNE 23: Max Verstappen of the Netherlands driving the (33) Aston Martin Red Bull Racing RB15 leads Carlos Sainz of Spain driving the (55) McLaren F1 Team MCL34 Renault on track during the F1 Grand Prix of France at Circuit Paul Ricard on June 23, 2019 in Le Castellet, France. (Photo by Dan Istitene/Getty Images) GP Prancis terancam ditunda karena pemerintah melarang adanya kegiatan besar hingga pertengahan Juli. Foto: Getty Images/Dan Istitene
Jakarta -

Start Formula 1 2020 kembali terancam mundur. Grand Prix Prancis, yang menjadi jadwal terdekat, terancam ditunda.

Hal ini dikarenakan mandat Presiden Prancis Emmanuel Macron pada Senin (13/4/2020) kemarin yang memutuskan untuk memperpanjang masa lockdown sampai 11 Mei mendatang, demi menekan penyebaran virus Corona yang sudah menjangkit lebih dari 137 ribu orang di negara itu.

Meski hanya sampai bulan depan, namun Prancis akan mengutamakan untuk membuka lebih dulu kegiatan yang bersifat pendidikan, seperti sekolah dan universitas.

Sedangkan kegiatan yang mengundang massa dengan jumlah besar tak diperkenankan hingga pertengahan Juli mendatang. Bahkan tempat-tempat umum seperti museum, hotel dan restoran tetap harus ditutup hingga periode itu.

Instruksi Macron ini yang membuat nasib F1 Prancis kian menggantung. Sebab, balapan di Sirkuit Paul Ricard itu direncanakan berlangsung pada 28 Juni.

Sejauh ini, belum ada pengumuman resmi dari F1 mengenai kepastian balapan. Namun besar kemungkinan Prancis akan menjadi seri ke-10 yang harus mengalami penyesuaian jadwal.

Sebelumnya, sudah ada GP Australia, Bahrain, Vietnam, China, Belanda, Spanyol, Monako, Azerbaijan, dan Kanada yang harus ditunda atau dibatalkan.

Kondisi saat ini sudah mengganggu finansial peserta balapan. Ada lima tim sudah merumahkan karyawan mereka sebagai imbas dari pandemi ini, yakni McLaren, Williams, Racing Point, Renault, dan Haas.



Simak Video "Formula 1 2020 Kemungkinan Digelar Tanpa Penonton"
[Gambas:Video 20detik]
(adp/pur)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksport.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com