detikSport
Follow detikSport Linkedin share
Minggu, 19 Jul 2020 10:30 WIB

F1 GP Hungaria: Hamilton Memburu Rekor Schumacher

Adhi Prasetya - detikSport
BUDAPEST, HUNGARY - JULY 18: Lewis Hamilton of Great Britain driving the (44) Mercedes AMG Petronas F1 Team Mercedes W11 on track during final practice for the F1 Grand Prix of Hungary at Hungaroring on July 18, 2020 in Budapest, Hungary. (Photo by Bryn Lennon/Getty Images) Hamilton jadi yang tercepat di sesi kualifikasi F1 GP Hungaria. Foto: Getty Images/Bryn Lennon
Mogyoród -

Lewis Hamilton meraih pole position ke-90 dalam kariernya jelang balapan Formula 1 GP Hungaria. Kini, ia memburu rekor milik legenda F1 Michael Schumacher sebagai raja sirkuit.

Di Sirkuit Hungaroring, Sabtu (18/7/2020), Hamilton sempat berada di urutan ketiga di sesi kualifikasi pertama dengan catatan waktu 1 menit 14,907 detik, di bawah dua pebalap Racing Point, Sergio Perez dan Lance Stroll.

Namun pebalap Mercedes itu bangkit dengan jadi yang tercepat di kualifikasi kedua (1 menit 14,261 detik), diikuti dengan kualifikasi ketiga dengan catatan waktu 1 menit 13,447 detik. Ia pun berhak atas pole position di balapan hari Minggu (19/7/2020) malam WIB. Sedangkan rekan setimnya, Valtteri Bottas, berada di posisi kedua.



Catatan 90 pole position yang diraih Hamilton membuatnya semakin sulit dikejar oleh pebalap siapapun. Pebalap aktif saat ini yang memiliki catatan mendekati hanyalah Sebastian Vettel (Ferrari), yang 'baru' 57 kali meraih pole position.

"Gila. Saya harus mencubit diri saya sendiri," kata Hamilton terkait catatan rekor pole position-nya yang semakin tajam, dikutip situs resmi F1.

"Catatan yang membanggakan sejujurnya, karena saya bekerja bersama orang-orang yang luar biasa, tanpa mereka saya tak akan bisa mencapai hasil ini."



"Terima kasih banyak untuk semua orang di rumah, mereka melakukan pekerjaan yang luar biasa. Valtteri tak membuat segalanya mudah untuk saya. Butuh kesempurnaan untuk melakukan putaran dan lolos kualifikasi seperti itu. Inilah salah satu hal yang paling saya nikmati," jelas pebalap Inggris itu.

Hamilton masih bisa menciptakan sejarah baru. Andai menang di Hungaroring, ia akan menyamai catatan Michael Schumacher, yakni memenangi 8 balapan di sirkuit yang sama.

Schumacher pernah melakukannya di Sirkuit Magny-Cours, Prancis selama periode 1994-2006. Sejak membalap di F1 pada 2007 sampai sekarang, Hamilton sudah menang 7 kali di Hungaroring.

"Saya tak mau sombong dan akan fokus sekuat mungkin untuk membawa tim meraih posisi pertama dan kedua di balapan," kata Hamilton.



Simak Video "Momen Dramatis Hamilton Juara dengan Ban Pecah"
[Gambas:Video 20detik]
(adp/pur)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksport.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com