detikSport
Follow detikSport Linkedin share
Jumat, 31 Jul 2020 06:15 WIB

Sergio Perez, Pebalap F1 Pertama Positif Virus Corona

Mohammad Resha Pratama - detikSport
BUDAPEST, HUNGARY - JULY 17: Sergio Perez of Mexico and Racing Point looks on during practice for the F1 Grand Prix of Hungary at Hungaroring on July 17, 2020 in Budapest, Hungary. (Photo by Peter Fox/Getty Images) Sergio Perez positif covid-19 dan absen di GP Inggris akhir pekan ini (Getty Images/Peter Fox
Silverstone -

Sergio Perez dinyatakan positif terpapar COVID-19. Oleh karenanya, pebalap Racing Point itu harus absen dari balapan F1 GP Inggris 2020 akhir pekan ini.

Perez dan para pebalap lain memang mengikuti tes virus corona rutin sebelum balapan dimulai, Minggu (2/8/2020) malam WIB. Dari hasil tes yang dilakukan, Kamis (30/7) waktu setempat, Perez ternyata terpapar virus asal Wuhan, China itu.

Perez langsung menjalani isolasi mandiri dan berada dalam pengawasan ketat tim dokter Racing Point dan juga F1. Perez jadi pebalap serta orang di depan layar F1 pertama yang positif COVID-19.

Sebelumnya dari beberapa kali tes yang dilakukan, tidak ada pebalap maupun kru yang terpapar. Setelah hasil tes Perez keluar, F1 langsung memberlakukan protokol kesehatan yang lebih ketat di area sirkuit Silverstone, meski tidak sampai mempengaruhi balapan.

"Perez sudah melakoni isolasi mandiri menyusul instruksi dari departemen kesehatan setempat, dan akan terus mengikuti prosedur dari sana," ujar pernyataan resmi Federasi Otomotif Internasional (FIA) seperti dikutip Sky Sports.

"Dengan bantuan panitia lokal GP Inggris, otoritas kesehatan lokal, dan delegasi COVID-19 FIA, seluruh trek sudah diamankan dan para kerabat dekat Perez akan dikarantina."

"Prosedur FIA dan Formula 1 sudah bisa menekan angka penyebaran dan dipastikan tidak akan berdampak pada balapan akhir pekan ini."

Dengan absennya Perez, maka Racing Point kemungkinan mencari pengganti karena mereka tak punya pebalap cadangan. Kemungkinan adalah Esteban Gutierrez dan Stofel Vandoorne, meski keduanya sudah lama tak membalap di F1.

Sergio Perez selalu meraih poin dari tiga balapan awal dengan total 22 poin di posisi keenam klasemen pebalap F1 2020. Dia finis posisi keenam dua kali di Austria dan ketujuh di Hongaria.



Simak Video "GP Kanada Ditunda, F1 2020 Kembali Molor"
[Gambas:Video 20detik]
(mrp/rin)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksport.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com