detikSport
Follow detikSport Linkedin share
Rabu, 26 Agu 2020 02:00 WIB

Bertambah Empat, Jumlah Balapan F1 2020 Kini Jadi 17 Seri

Adhi Prasetya - detikSport
Formula 1 F1 - Bahrain Grand Prix - Bahrain International Circuit, Sakhir, Bahrain - April 8, 2018   Ferraris Sebastian Vettel in action during the race   REUTERS/Ahmed Jadallah Balapan F1 2020 kembali bertambah 4 seri. Foto: Ahmed Jadallah/Reuters
Jakarta -

Jadwal Fomula 1 2020 tahun ini kembali bertambah. Ada empat seri baru yang akan dipentaskan, sehingga total menjadi 17 balapan.

Sampai Juli lalu, sudah ada 13 seri yang ditetapkan. Dimulai di GP Austria pada 5 Juli lalu, F1 musim ini rencananya akan ditutup di GP Emilia Romagna (Sirkuit Imola) pada 1 November.

Namun seiring waktu, ada negara-negara yang sudah bisa kembali menyelenggarakan balapan. Akhirnya, setelah berkoordinasi dengan berbagai pihak, jumlah balapan musim ini pun bisa ditambah.

Diberitakan situs resmi F1, empat seri baru itu yakni GP Turki (13-15 November), GP Bahrain (27-29 November), GP Sakhir (4-6 Desember), dan GP Abu Dhabi (11-13 Desember). Di antaranya empat seri itu, hanya GP Turki yang tadinya tak ada di jadwal.

GP Turki terakhir kali digelar pada 2011. Sedangkan GP Sakhir akan dilaksanakan di sirkuit yang sama dengan GP Bahrain.

"Kami mengkonfirmasi bahwa Turki, Bahrain (dua balapan), dan Abu Dhabi akan masuk dalam jadwal baru musim ini dan kami berterima kasih kepada semua promotor dan partner atas kerja kerasnya sehingga musim ini bisa diselenggarakan 17 balapan," tulis pernyataan resmi F1.



"Sayangnya, balapan musim ini yang rencananya digelar di China tak bisa dilaksanakan. Kami berterima kasih kepada partner kami, Juss Sports (promotor GP China), atas dukungan dan keterlibatan mereka selama beberapa bulan terakhir dan kami akan kembali balapan di Shanghai tahun depan," sambung pernyataan itu.

Selain itu, rencananya F1 akan melihat kemungkinan menghadirkan penonton ke sirkuit, meski dengan jumlah terbatas. Namun belum dipastikan di seri mana penonton bisa hadir.

"Kami mengkonfirmasi bahwa sejumlah seri balapan di musim 2020 dapat dihadiri penggemar dengan jumlah terbatas, dan kami bekerja sama dengan masing-masing promotor untuk menyelesaikan detailnya."

ISTANBUL, TURKEY - MAY 08:  Race winner Sebastian Vettel (2nd right) of Germany and Red Bull Racing celebrates on the podium with second placed Mark Webber (left) of Australia and Red Bull Racing, third placed Fernando Alonso (right) of Spain and Ferrari and Red Bull Racing team mate Mark Ellis (2nd left) following the Turkish Formula One Grand Prix at the Istanbul Park circuit on May 8, 2011 in Istanbul, Turkey.  (Photo by Bryn Lennon/Getty Images)Sebastian Vettel (kedua dari kanan) merupakan pemenang terakhir GP Turki, saat masih membela Red Bull Racing. Foto: Getty Images/Bryn Lennon

"Meskipun kami ingin melihat sebanyak mungkin penggemar kembali ke sirkuit saat situasinya sudah aman, prioritas kami tetaplah keselamatan komunitas Formula 1 dan tempat yang kami kunjungi, dan kami meninjau akses penggemar atas dasar ini," jelas pernyataan itu.

Sejauh ini, F1 sudah menuntaskan 6 balapan, yakni GP Austria, GP Styria, GP Hongaria, GP Inggris, GP 70th Anniversary, dan GP Spanyol. Jadwal terdekat selanjutnya yakni GP Belgia, yang akan digelar pada 30 Agustus di Sirkuit Spa-Francorchamps.



Simak Video "Formula 1 2020 Kemungkinan Digelar Tanpa Penonton"
[Gambas:Video 20detik]
(adp/nds)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksport.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com