detikSport
Follow detikSport Linkedin share
Minggu, 13 Sep 2020 09:30 WIB

GP Tuscan: Insiden Ocon Bikin Bottas Gagal Raih Pole

Adhi Prasetya - detikSport
Mercedes driver Valtteri Bottas of Finland stands after clocking the second fastest time during the qualifying session for Sundays Italian Formula One Grand Prix, at the Monza racetrack in Monza, Italy, Saturday, Sept. 5, 2020. (Jennifer Lorenzini/Pool via AP) Bottas gagal meraih pole position di GP Tuscan. Foto: AP/Jennifer Lorenzini
Tuscany -

Valtteri Bottas begitu kecewa karena gagal meraih pole position di GP Tuscan. Hal itu dikarenakan insiden yang melibatkan pebalap Renault, Esteban Ocon.

Di Sirkuit Mugello, Bottas awalnya begitu dominan dalam tiga kali latihan bebas. Ia selalu menjadi yang tercepat dibandingkan para rival, termasuk rekan setimnya Lewis Hamilton.

Namun sewaktu menjalani babak kualifikasi, Sabtu (12/9/2020), Hamilton justru jadi yang tercepat dengan catatan waktu 1 menit 15,144 detik. Sementara itu, Bottas malah tertinggal 0,059 detik dan menempati urutan kedua.

Sebetulnya, Bottas berpeluang menyalip catatan waktu Hamilton, terutama di lap terakhir kualifikasi. Namun tiba-tiba bendera kuning tanda untuk melambat dikibarkan. Hal itu usai mobil Ocon berputar keluar jalur dan akhirnya berhenti di gravel.

Akibatnya, Bottas pun gagal melewati catatan waktu Hamilton dan harus puas start dari grid kedua. Seusai kualifikasi, driver Mercedes asal Finlandia itu tak menyembunyikan kekecewaannya.

"Saya sebetulnya masih punya kesempatan. Sesi kualifikasi pertama berjalan baik, tapi belum sempurna. Saya berharap bisa mencatat waktu tercepat di lap terakhir, tapi saya tak punya kesempatan melakukannya (karena bendera kuning)," kata Bottas kepada Sky Sport.

"Sangat mengecewakan karena kecepatan saya begitu bagus sepanjang akhir pekan ini."

Ocon pun menyadari bahwa spin yang dialaminya menghambat peluang Bottas. Selain itu, masih ada Lance Stroll (Racing Point) dan rekan setimnya, Daniel Ricciardo, yang juga terkena imbas dari insiden itu dan akhirnya gagal memperbaiki catatan waktu.

"Saya mencoba tampil maksimal di sesi kualifikasi dan merasa nyaman mengendarai mobilnya. Saya merasa luar biasa. Bahkan saya merasa bisa membuat catatan waktu yang bagus," kata Ocon terkait insiden yang dialaminya.

"Sayangnya, saya malah melewati batas. Saya minta maaf untuk pebalap lain yang gagal menuntaskan lap. Semua orang berusaha tampil bagus di trek ini dan menyesakkan rasanya saat tahu dirimu malah keluar batas," jelas Ocon, yang akan start dari posisi ke-10 di GP Tuscan.

(adp/pur)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksport.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com