detikSport
Follow detikSport Linkedin share
Senin, 12 Okt 2020 06:00 WIB

Menangi F1 GP Eifel, Lewis Hamilton Samai Rekor Michael Schumacher

Adhi Prasetya - detikSport
Mercedes driver Lewis Hamilton of Britain holds the trophy at the podium as he celebrates after winning the Eifel Formula One Grand Prix at the Nuerburgring racetrack in Nuerburg, Germany, Sunday, Oct. 11, 2020. (Ina Fassbender, Pool via AP) Hamilton sudah menang balapan 91 kali, sama seperti Schumacher. Foto: AP/Ina Fassbender
Nuerburg -

Lewis Hamilton berhasil memenangi Formula 1 GP Eifel 2020. Hasil ini membuatnya menyamai rekor legenda Ferrari, Michael Schumacher.

Di Sirkuit Nurburgring, Minggu (11/10/2020), Hamilton yang start di grid kedua sempat tertinggal dari rekan setimnya, Valtteri Bottas, yang ada di urutan terdepan. Namun di lap ke-12, pebalap Inggris itu berhasil menyalip.

Setelahnya, Hamilton terus berada di depan hingga finis. Driver Mercedes itu menyelesaikan 60 lap dengan catatan waktu 1 jam 35 menit 49,641 detik.

Kemenangan ini membuat Hamilton sudah meraih 91 kemenangan sejak memulai debut F1 di tahun 2007. Jumlah itu menyamai milik Schumacher, yang membalap di periode 1991-2006 dan 2010-2012.

Seusai balapan, Hamilton pun mendapat apresiasi secara tak langsung dari Schumacher. Lewat anaknya, Mick Schumacher, Hamilton mendapat hadiah salah satu helm legendaris milik sang juara dunia tujuh kali tersebut.

"Saat kamu tumbuh dewasa menonton seseorang, mengidolakannya karena apa yang sudah dicapainya, tahun demi tahun, balapan demi balapan," kata Hamilton seusai balapan, dikutip Sky Sports.



"Melihat dominasinya yang bertahan lama, aku tak berpikir ada orang, terutama aku, yang bisa mendekati rekor Michael. Ini penghargaan yang luar biasa," lanjut pria 35 tahun itu.

Saat ini, Hamilton memimpin klasemen pebalap dengan 230 poin. Ia unggul 69 poin dari Bottas yang ada di urutan kedua dan 83 poin dari Max Verstappen di urutan ketiga. Balapan musim ini menyisakan enam seri lagi.

Hamilton akan memecahkan rekor jumlah kemenangan di F1 jika kembali berhasil menjadi yang teratas di seri berikutnya, yakni F1 GP Portugal pada Minggu (25/10) mendatang.



Simak Video "Momen Dramatis Hamilton Juara dengan Ban Pecah"
[Gambas:Video 20detik]
(adp/raw)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksport.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com