detikSport
Follow detikSport Linkedin share
Senin, 30 Nov 2020 10:45 WIB

F1 GP Bahrain: Begini Kondisi Romain Grosjean Usai Lolos dari Maut

Bayu Baskoro - detikSport
The parts of Haas driver Romain Grosjeans car is burning after he crashed during the Formula One race in Bahrain International Circuit in Sakhir, Bahrain, Sunday, Nov. 29, 2020. (Brynn Lennon, Pool via AP) Mobil Romain Grosjean meledak dan terbakar di F1 GP Bahrain 2020. (Foto: AP/Brynn Lennon)
Bahrain -

Romain Grosjean mengalami kecelakaan mengerikan saat balapan Formula 1 seri Grand Prix Bahrain 2020. Begini kondisi teranyar pebalap tim Haas F1 tersebut.

Grosjean memulai race F1 GP Bahrain di Sirkuit Internasional Bahrain, Minggu (29/11/2020) malam WIB di posisi ke-19. Pada lap pertama, kejadian tidak diduga dialami driver 34 tahun itu.

Ketika memasuki Turn 3, mobil Grosjean ditabrak dari belakang oleh Daniil Kvyat dari tim AlphaTauri. Percikan api muncul di belakang mobil Haas VF-20 miliknya.

Grosjean kehilangan kendali atas kendaraan miliknya yang terus bergerak ke gravel hingga menabrak barrier. Akibatnya, terjadi ledakan besar yang melalap habis mobilnya.

Beruntung, Romain Grosjean dapat keluar dari mobil dan selamat dari amukan Si Jago Merah. Pria Prancis itu langsung ditolong petugas medis dan segera dibawa ke rumah sakit.

Balapan sempat dihentikan selama lebih dari satu jam akibat kecelakaan yang dialami Grosjean. F1 GP Bahrain 2020 kemudian dilanjutkan kembali dan berakhir dengan kemenangan Lewis Hamilton.

Melansir laman resmi F1, Grosjean diketahui dalam kondisi baik-baik saja dan tidak ada tulangnya yang patah sama sekali. Meski begitu, dia mengalami luka bakar pada kedua lengannya, sehingga harus diperban.

Grosjean membeberkan alasan dirinya bisa selamat dari insiden mengerikan yang dialaminya. Dia mengakui jika perangkat keselamatan Halo pada mobilnya yang telah menyelamatkan hidupnya.

BAHRAIN, BAHRAIN - NOVEMBER 27: Romain Grosjean of France driving the (8) Haas F1 Team VF-20 Ferrari on track during practice ahead of the F1 Grand Prix of Bahrain at Bahrain International Circuit on November 27, 2020 in Bahrain, Bahrain. (Photo by Rudy Carezzevoli/Getty Images)Halo atau bar melengkung sebagai alat pelindung driver F1 di mobil Roman Grosjean. (Foto: Getty Images/Rudy Carezzevoli)

"Hai semuanya, saya hanya ingin bilang kalau saya baik-baik saja, yah sepertinya baik-baik saja kok. Terima kasih banyak atas semua pesannya," kata Grosjean, dikutip dari laman F1.

"Saya tidak terlalu tertarik dengan Halo beberapa tahun lalu, tapi saya rasa itu adalah hal terhebat yang kami bawa ke Formula 1. Tanpa itu, saya tak bisa berbicara dengan anda hari ini," dia menambahkan.

"Terima kasih kepada semua staf medis di sirkuit, di rumah sakit, dan semoga saja saya bisa menulis lagi beberapa pesan segera dan menceritakan kepada anda bagaimana perkembangannya," demikian kata Romain Grosjean usai mengalami crash parah di F1 GP Bahrain 2020.



Simak Video "Formula 1 2020 Kemungkinan Digelar Tanpa Penonton"
[Gambas:Video 20detik]
(bay/adp)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksport.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com