Bos Red Bull Kecam Aksi Hamilton yang Bikin Verstappen Celaka

Rifqi Ardita Widianto - Sport
Senin, 19 Jul 2021 05:19 WIB
NORTHAMPTON, ENGLAND - JULY 18: Lewis Hamilton of Great Britain driving the (44) Mercedes AMG Petronas F1 Team Mercedes W12 and Max Verstappen of the Netherlands driving the (33) Red Bull Racing RB16B Honda lead the field into turn one at the start during the F1 Grand Prix of Great Britain at Silverstone on July 18, 2021 in Northampton, England. (Photo by Lars Baron/Getty Images)
Lewis Hamilton dikecam akibat insidennya dengan Max Verstappen di GP Inggris. (Foto: Getty Images/Lars Baron)
Jakarta -

Kemenangan Lewis Hamilton di GP Formula 1 Inggris 2021 menuai kontroversi. Insidennya dengan Max Verstappen di putaran pertama jadi sorotan.

Hamilton tampil sebagai pemenang dalam GP Inggris 2021 di sirkuit Silverstone, Minggu (18/7/2021) malam WIB. Kemenangan itu diraihnya dengan dramatis, setelah melalui insiden senggolan dengan Max Verstappen, penalti, hingga momen pengejaran Charles Leclerc di putaran-putaran akhir.

Kritik keras mengarah ke Hamilton, yang dianggap membuat Verstappen crash di lap pembuka. Pebalap Mercedes ini merangsek masuk dari jalur dalam tikungan 9, atau dikenal dengan tikungan Copse, lalu ban depan kirinya menyenggol ban kanan belakang mobil Verstappen.

Sentuhan itu membuat mobil Verstappen keluar lintasan dan menabrak pembatas dalam kecepatan tinggi. Untungnya pebalap Red Bull itu baik-baik saja, meski dibawa ke rumah sakit untuk menjalani pemeriksaan lebih jauh.

Lewis Hamilton dijatuhi penalti 10 detik, namun tak cukup untuk mencegahnya juara di balapan kandangnya. Bos Red Bull Christian Horner mengecam Hamilton dan menilai penalti 10 detik tidaklah cukup.

"Tikungan itu, Hamilton sama sekali tidak mendekati posisi sejajar. Setiap pebalap yang turun ke lintasan ini tahu tak bisa mendesakkan ban dari dalam tikungan Copse," ungkapnya dilansir Marca.

"Itu kecelakaan besar dan itu adalah 100 persen tikungannya Verstappen. Sejauh pemahaman saya, kesalahan sepenuhnya ada di Hamilton, yang seharusnya tak pernah ada di posisi tersebut," imbuh Horner.

Max Verstappen masih memimpin klasemen kejuaraan dunia dengan 185 poin. Sementara Lewis Hamilton menipiskan selisih menjadi hanya delapan poin.



Simak Video "Kemenangan MU Atas Crystal Palace di Laga Debut Ralf Rangnick"
[Gambas:Video 20detik]
(raw/nds)