Jelang F1 GP Brasil: Hamilton Belum Nyerah Kejar Verstappen

Adhi Prasetya - Sport
Jumat, 12 Nov 2021 12:00 WIB
SOCHI, RUSSIA - SEPTEMBER 26: Race winner Lewis Hamilton of Great Britain and Mercedes GP talks in the press conference after the F1 Grand Prix of Russia at Sochi Autodrom on September 26, 2021 in Sochi, Russia. (Photo by Andy Hone - Pool/Getty Images)
Hamilton terancam kehilangan gelar juara dunia F1 musim ini. Foto: Getty Images/Pool
Sao Paulo -

Juara bertahan Formula 1 Lewis Hamilton terancam kehilangan gelar juara dunia di musim ini. Meski begitu, pebalap Inggris itu belum mengibarkan bendera putih dan akan bertarung habis-habisan di empat seri terakhir.

Max Verstappen berpeluang memutus dominasi Hamilton selama 4 tahun terakhir. Pebalap asal Belanda itu sudah memenangi 9 dari 18 balapan, dan memuncaki klasemen dengan 312,5 poin, unggul 19 angka dari Hamilton yang cuma memang sekali dalam 8 balapan terakhir.

F1 2021 seri ke-19 akan berlanjut akhir pekan ini di Sirkuit Interlagos, Sao Paulo, Minggu (14/11) waktu setempat. Verstappen, yang menang di sana pada edisi 2019, kembali diunggulkan. Jika sampai menang lagi, jarak poin driver Red Bull Racing itu dengan Hamilton akan melebar.

Hamilton pun menyadari Verstappen lebih dijagokan pada GP Brasil kali ini. Maka dari itu, ia pun harus membalikkan prediksi itu dengan meraih kemenangan untuk menjaga peluang juara.

"Laju mobil mereka (Red Bull) sangat fenomenal di balapan terakhir (GP Meksiko). Mereka punya mobil yang kuat sepanjang musim, bahkan yang terkuat, kalian bisa lihat itu," ujar Hamilton, dikutip Sky Sports.

"Kami sudah melakukan yang terbaik sebisa mungkin, kami bekerja keras akhir pekan ini untuk memaksimalkan performa mobil. Terakhir kali balapan di sini (GP Brasil) juga mereka luar biasa kuat. Kami sudah mengantisipasi mereka akan sulit untuk dikalahkan," jelas Hamilton.

Tak cuma di level pebalap, persaingan gelar konstruktor pun amat sengit. Mercedes yang punya 478,5 poin hanya unggul tipis dari Red Bull yang punya 477,5 poin. Hamilton berharap di akhir musim, setidaknya ada satu gelar yang bisa diraih timnya.

Red Bull's Dutch driver Max Verstappen celebrates on the podium after winning the Formula One Mexico Grand Prix at the Hermanos Rodriguez racetrack in Mexico City on November 7, 2021. (Photo by ALFREDO ESTRELLA / AFP)Verstappen di ambang gelar juara dunia musim ini. Foto: AFP/ALFREDO ESTRELLA

"Memenangi setidaknya satu gelar adalah kunci. Jika saya tak bisa memenangi gelar juara dunia, paling tidak saya ingin membantu tim meraih gelar konstruktor, itulah yang saya kerjakan, tapi itu juga sulit," ujar Hamilton.

"Kami masih ada empat balapan lagi, dan saya berharap kami bisa melawan mereka," jelasnya.

GP Brasil akan digelar pada Senin (15/11) pukul 00.00 WIB. Seperti di Inggris dan Italia, balapan ini juga menerapkan format sprint qualifying.

(adp/krs)