ADVERTISEMENT

Verstappen Vs Hamilton Hingga Akhir, Siapa Juara Dunia F1 2021?

Mohammad Resha Pratama - Sport
Senin, 06 Des 2021 08:30 WIB
Mercedes driver Lewis Hamilton of Britain celebrates winning the Formula One Saudi Arabian Grand Prix in front of the second placed Red Bull driver Max Verstappen of the Netherlands, in Jiddah, Sunday, Dec. 5, 2021. (AP Photo/Hassan Ammar)
Max Verstappen vs Lewis Hamilton hingga seri terakhir F1 2021. (AP/Hassan Ammar)
Jeddah -

Persaingan gelar juara dunia Formula 1 2021 sengit hingga seri terakhir di Abu Dhabi. Kira-kira siapa bakal berjaya, Max Verstappen atau Lewis Hamilton lagi?

Sebelum balapan di Arab Saudi, Senin (6/11/2021) dini hari WIB, Verstappen cuma unggul delapan poin dari Hamilton, setelah sempat memimpin 19 angka. Ini tak lepas dari kemenangan Hamilton di Brasil dan Qatar.

Oleh karenanya, dua balapan terakhir di Arab Saudi dan Abu Dhabi bakal menghadirkan persaingan sengit di antara Verstappen dan Hamilton. Verstappen tentu ingin mengunci gelar juara secepat mungkin, dengan skenario minimal Verstappen menang di Arab Saudi plus meraih poin fastest lap.

Sementara itu Hamilton cuma finis keenam. Faktanya ketika balapan GP Arab Saudi dimulai, rencana Verstappen tidak berjalan sempurna. Meski sempat mengambil alih pimpinan balapan di lap ke-14, Verstappen tak kuasa menahan tekanan Hamilton.

Ditambah penalti lima detik karena menyalip dari gravel, Verstappen akhirnya disalip di lap ke-43 atau tujuh lap sebelum finis. Hamilton pun mempertahankan posisi terdepan hingga melintasi garis akhir, disusul Verstappen.

Tambahan 26 poin dari Hamilton, karena mencatatkan waktu lap tercepat, membuat dia menyamai poin Verstappen. Kini Verstappen dan Hamilton sama-sama punya 367,5 poin dengan satu balapan tersisa di Abu Dhabi 12 Desember!

Verstappen di puncak klasemen karena punya sembilan kemenangan berbanding delapan milik Hamilton.

Dengan demikian, salah satunya harus finis lebih baik dari yang lain untuk bisa merengkuh juara. Tak perlu bantuan dari siapapun karena Verstappen dan Hamilton yang menentukan nasibnya.

"Saya sudah lama membalap, tapi balapan tadi begitu sulit! Saya coba berupaya sekeras yang saya bisa, dengan segala pengalaman yang saya miliki selama ini. Memang sulit, tapi kami mampu meraihnya karena kerjasama tim," ujar Hamilton seperti dikutip situs resmi F1.

Kini angin berada di Hamilton yang menargetkan gelar juara dunia kedelapan sekaligus mengukuhkan diri sebagai pebalap terbaik sepanjang masa. Apalagi Mercedes dan Hamilton punya rekor bagus di Abu Dhabi.

Lewis Hamilton (5 kemenangan) dan Mercedes (6 kemenangan) adalah penguasa sirkuit Yas Marina. Tapi, patut diingat juga kalau Max Verstappen berjaya di sana musim lalu.

"Untunglah fans lebih mengerti soal balapan, karena apa yang terjadi hari ini sungguh tidak bisa dipercaya. Olahraga ini lebih sering penaltinya ketimbang balapan. Buat saya, ini bukan Formula 1," semprot Verstappen.

Lihat juga Video: Sirkuit Mandalika Disebut Juga Ditawari Gelar F1

[Gambas:Video 20detik]




(mrp/nds)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT