Jos, Verstappen!

Mohammad Resha Pratama - Sport
Senin, 13 Des 2021 06:03 WIB
Red Bull driver Max Verstappen of the Netherlands wins the Formula One Abu Dhabi Grand Prix in Abu Dhabi, United Arab Emirates, Sunday, Dec. 12, 2021. (AP Photo/Kamran Jebreili, Pool)
Max Verstappen juara Formula 1 2021 usai kalahkan Lewis Hamilton (AP/Kamran Jebreili)
Abu Dhabi -

Pebalap Red Bull Racing Max Verstappen berhasil menjuarai F1 2021 dengan cara dramatis usai mengalahkan pebalap Mercedes GP Lewis Hamilton. Verstappen benar-benar jos!

Verstappen dan Hamilton saling beradu meraih kemenangan pada GP Abu Dhabi 2021 di Sirkuit Yas Marina, Minggu (12/12/2021) malam WIB. Sebab, keduanya punya poin sama menjelang seri terakhir ini.

Hamilton berada di atas angin saat mampu menyalip pole position Verstappen di tikungan pertama, dan menguasainya cukup lama.

Sempat terjadi aksi menyalip oleh Verstappen, yang diwarnai Hamilton keluar gravel dan kembali langsung ke depan. Tapi, aksi itu tidak mendapat penalti apapun dari steward.

Verstappen berupaya sekeras mungkin mengejar Hamilton sepanjang balapan, dan nyaris frustrasi karena lawannya begitu cepat. Strategi pit stop akhirnya berbicara.

Ketika Nicholas Latifi mengalami crash di tiga lap terakhir, safety car keluar sehingga Verstappen bisa mendekati Hamilton. Bahkan dia berani melakukan pergantian ban mengingat Hamilton mulai aus bannya.

Setelah safety car keluar, Verstappen yang sudah mendekati Hamilton akhirnya menyalip di lap terakhir dan mempertahankan posisi terdepan hingga finis.

Verstappen pun jadi juara dunia untuk pertama kalinya dengan torehan 394,5 poin mengungguli Hamilton dengan 388,5 angka. Pebalap asal Belanda itu bisa tersenyum lebar karena mampu menghentikan dominasi Hamilton.

"Benar-benar tidak bisa dipercaya. Saya terus berupaya sepanjang balapan. Saya tetap berupaya keras dan tentu saja kesempatan itu datang juga di lap terakhir. Luar biasa," ujar Max Verstappen seperti dikutip Crash.

"Saya masih tegang sekali... Gila betul. Saya tidak bisa berkata apa-apa lagi. Mereka semua pantas mendapatkannya, orang-orang di sini, tim saya, dan tentunya Honda," sambung pebalap 23 tahun tersebut.

(mrp/nds)