ADVERTISEMENT

LIVE: Saksikan livestream MotoGP sekarang. Nonton Sekarang

F1 Bisa Saja Dihelat di Mandalika, tapi...

Mohammad Resha Pratama - Sport
Sabtu, 26 Mar 2022 07:15 WIB
Ferrari driver Charles Leclerc of Monaco steers his car during practice for the Formula One Grand Prix it in Jiddah, Saudi Arabia, Friday, March 25, 2022. (AP Photo/Hassan Ammar)
Apakah bisa sirkuit Mandalika gelar balapan F1? (AP/Hassan Ammar)
Jakarta -

ITDC senada dengan MGPA soal keinginan menggelar balapan Formula 1 di Sirkuit Mandalika. Tapi, bukan hal mudah mewujudkannya. Kenapa?

Indonesia Tourism Development Company (ITDC) sudah berhasil menghelat balapan MotoGP Mandalika pekan lalu. Meski harus diakui masih banyak kekurangan yang harus diperbaiki untuk perhelatan tahun depan.

Waktu setahun yang terbilang panjang dianggap cukup untuk ITDC dan Mandalika Grand Prix Association untuk berbenah, terutama beberapa fasilitas pendukung di luar lintasan.

Persoalan baru juga muncul ketika ITDC harus memutar otak untuk tetap mendatangkan pemasukan di saat tidak ada balapan MotoGP. Maka dari itu sejumlah event Motorsport coba disajikan di sana, termasuk juga F1.

Beberapa waktu lalu, Direktur MGPA Priandi Satria membuka kemungkinan Sirkuit Mandalika menggelar balapan Formula 1 dalam waktu dekat. Dia menyebut balapan F1 sudah menjadi rencana MGPA. Namun pihaknya perlu menyelesaikan berbagai persyaratan yang ditetapkan FIA.

Selain MGPA, Menteri Kooordinator Maritim dan Investasi RI Luhut Binsar Panjaitan juga sempat membicarakan soal kemungkinan F1 di Mandalika.

Menyikapi rumor yang beredar tersebut, Direktur Utama ITDC Abdulbar M Mansoer mengamini bahwa F1 memang masuk dalam agenda ITDC dan MGPA.

Apalagi Federasi Otomotif Internasional (FIA) dua hari lalu sudah mengunjungi Mandalika untuk melakukan pengecekan sirkuit, apakah memang cocok untuk balapan roda empat atau tidak.

Meski demikian, syarat yang dipenuhi memang lebih berat ketimbang MotoGP. Salah satunya adalah soal ketebalan lintasan yang harus ditambah dan beberapa fasilitas pendukung seperti paddock dan tribune penonton.

Oleh karenanya ITDC mengakui kalau mereka memang belum siap untuk menghelat F1 dalam waktu dekat.

"Sebuah sirkuit selalu tujuan akhirnya tidak hanya untuk satu balapan. Dari awal kami memang berencana sirkuit bisa dipakai juga untuk (balapan) roda empat. Cita-cita kami suatu hari juga (sirkuit) bisa dipakai untuk F1," ujar Abdoelbar dalam bincang-bincang dengan wartawan di Acardia Senayan, Jakarta, Jumat (25/3/2022) sore WIB.

"Kualifikasi F1 sangat ketat dan syarat lisensi mereka banyak sekali. Kami saat ini belum siap," sambungnya.

"Kemarin ada yang datang untuk evaluasi. Waktu MotoGP kemarin juga orang dari FIA datang dan tertarik dengan Sirkuit Mandalika. Tapi inspeksi resmi belum ada, kemarin hanya meninjau saja karena inspeksi resmi harus melalui IMI terlebih dahulu," tutup Abdulbar M Mansoer.

(mrp/raw)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT