ADVERTISEMENT

LIVE: Saksikan livestream MotoGP sekarang. Nonton Sekarang

Grand Slam Kedua Max Verstappen

Mohammad Resha Pratama - Sport
Senin, 25 Apr 2022 07:15 WIB
Red Bull driver Max Verstappen of the Netherlands celebrates after winning the Emilia Romagna Formula One Grand Prix, at the Enzo and Dino Ferrari racetrack, in Imola, Italy, Sunday, April 24, 2022. (AP Photo/Luca Bruno)
Max Verstappen sempurna di GP Emilia Romagna (AP/Luca Bruno)
Imola -

Max Verstappen tampil sempurna di F1 GP Emilia Romagna 2022. Tak cuma jadi pemenang dari posisi pole, Verstappen juga mencatatkan waktu tercepat. Top!

Pebalap Red Bull Racing itu berupaya menang saat melakoni seri keempat F1 2022 di Sirkuit Autodromo Enzo e Dino Ferrari, Imola, Minggu (24/4/2022) malam WIB.

Sebab, Verstappen tak mau makin tertinggal dari Charles Leclerc yang memimpin klasemen F1. Modal Verstappen sudah bagus ketika dia meraih pole position usai memenangi Sprint Race sehari sebelumnya.

Verstappen yang lagi on fire sejak sesi latihan bebas dan kualifikasi pun langsung tancap gas sedari lap pertama. Dia tak terkejar di posisi terdepan dan bagusnya, Leclerc yang start kedua malah melorot ke posisi keempat.

Nasib baik memang lagi berpihak kepada Verstappen ketika mobil Leclerc menabrak pembatas pada lap ke-54 dan harus turun ke posisi kesembilan, dari sebelumnya di urutan ketiga.

Leclerc akhirnya finis keenam dan Verstappen tersenyum lebar karena dia melintasi garis finis pertama. Tak cuma menang, Verstappen juga menyapu bersih lewat catatan waktu lap tercepat, yakni 1 menit 18,446 detik, unggul 0,128 detik dari Leclerc.

Verstappen pun berhasil mencatatkan Grand Slam (menang, pole, dan fastest lap) kedua sepanjang kariernya setelah Austria musim lalu. Dicatat situs resmi F1, ini jadi kali pertama ada grand slam di dua balapan beruntun.

Pada seri GP Australia dua pekan lalu, Leclerc yang melakukannya. Hebatnya Verstappen musim ini adalah dia selalu tampil sebagai pemenang ketika melintasi garis finis, yang pertama di GP Arab Saudi, lalu Sprint Race dan balapan GP Emilia Romagna.

Sementara di Bahrain dan Australia, pebalap asal Belanda itu gagal finis. Berbekal rentetan poin maksimal selama dua hari, Verstappen naik ke posisi kedua klasemen pebalap F1 dengan 59 poin, selisih 27 dari Leclerc di puncak dengan 86 poin.

"Selalu sulit mendapatkan itu (Grand Slam). Kami memang sudah cepat sedari kemarin dan juga dua hari lalu, dominan sepanjang weekend ini. Hari ini, Anda tidak akan pernah tahu bisa sekompetitif apa dengan cuaca yang ada... tapi tim melakukannya dengan sangat baik dan saya rasa kami pantas finis 1-2," ujar Max Verstappen di situs resmi F1.

(mrp/raw)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT