ADVERTISEMENT

Halo Selamatkan Nyawa Zhou dalam Kecelakaan Horor di GP Inggris

Putra Rusdi K - Sport
Senin, 04 Jul 2022 19:50 WIB
Formula One F1 - British Grand Prix - Silverstone Circuit, Silverstone, Britain - July 3, 2022 Alfa Romeos Guanyu Zhou crashes out at the start of the race REUTERS/Molly Darlington     TPX IMAGES OF THE DAY
Halo selamatkan nyawa Zhou Guanyu dalam kecelakaan mengerikan di GP Inggris. (Foto: REUTERS/MOLLY DARLINGTON)
Silverstone -

Zhou Guanyu selamat dari kecelakaan mengerikan yang dialaminya di Formula 1 GP Inggris. Halo berperan besar menyelamatkan pebalap Alfa Romeo ini.

Insiden mengerikan terjadi di F1 GP Inggris di Sirkuit Silverstone, Minggu (3/7/2022) malam WIB. Kecelakaan ini melibatkan beberapa pebalap pada tikungan pertama.

Crash bermula saat mobil George Russel hilang kendali. Mobil pebalap tim Mercedes ini lalu menabrak mobil Zhou yang hendak menikung.

Mobil Zhou lalu terbalik dan berguling dengan kecepatan tinggi. Mobil pebalap Alpha Romeo ini keluar lintasan hingga menabrak tembok di dekat tribune penonton.

Alex Albon, Sebastian Vettel, Yuki Tsunoda dan Esteban Ocon juga ikut terdampak dalam kecelakaan ini. Mereka mengalami crash saat menghindari insiden yang dialami Zhou.

Tim medis langsung bergerak cepat untuk mengeluarkan pebalap asal China ini dari mobilnya. Zhou lalu dilarikan ke Silverstone Media Center untuk pemeriksaan lebih lanjut.

Hasil pemeriksaan menunjukkan Zhou dalam kondisi baik. Beberapa saat kemudian, ia sudah diperbolehkan pulang.

Zhou begitu bersyukur bisa selamat dari kecelakaan mengerikan yang dialaminya. Ia berterima kasih kepada marshal dan tim medis yang bergerak cepat.

Peran Halo Selamatkan Zhou

Zhou juga mengungkap peran penting Halo dalam menyelamatkan nyawanya. Halo merupakan teknologi untuk melindungi keselamatan pebalap yang diperkenalkan mulai musim 2018.

Halo terbuat dari yang struktur titanium berlapis serat karbon. Halo berada di atas kokpit mobil F1. Ia mampu menahan tekanan dari benda berbobot berat. Halo melindungi pebalap dari benturan dan serpihan benda berat yang berterbangan saat terjadi kecelakaan.

"Itu adalah kecelakaan besar dan saya senang saya baik-baik saja," kata Zhou dikutip dari rilis Alfa Romeo.

"Marshal dan tim medis di trek sangat fantastis dengan respons cepat mereka, dan saya juga berterima kasih kepada FIA dan Formula 1 atas semua pekerjaan yang telah mereka lakukan, dan terus mereka lakukan, untuk meningkatkan keselamatan mobil kami: Halo menyelamatkan saya hari ini, dan itu menunjukkan bahwa setiap langkah yang kami ambil dalam meningkatkan mobil kami memiliki hasil yang nyata dan berharga," jelasnya.

(pur/krs)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT