ADVERTISEMENT

F1 GP Hungaria: Hamilton dan Verstappen Tertawakan Ban Pilihan Leclerc

Adhi Prasetya - Sport
Senin, 01 Agu 2022 10:05 WIB
BUDAPEST, HUNGARY - JULY 31: Charles Leclerc of Ferrari and Monaco  during the F1 Grand Prix of Hungary at Hungaroring on July 31, 2022 in Budapest, Hungary. (Photo by Peter J Fox/Getty Images)
Keputusan Ferrari memberi ban keras kepada Leclerc ternyata berbuah blunder. Foto: Getty Images/Peter J Fox
Mogyorod -

Charles Leclerc sempat beralih memakai ban keras (hard) di tengah balapan Formula 1 GP Hungaria 2022. Keputusan itu menjadi blunder dan turut dikomentari Lewis Hamilton dan Max Verstappen seusai lomba.

Dalam balapan di Sirkuit Hungaroring, Minggu (31/7/2022), Leclerc sempat memimpin balapan usai menyalip George Russell di lap ke-31. Pebalap Ferrari itu kemudian masuk pit di lap ke-40, beralih ban dari tipe medium ke hard.

Keputusan itu dipertanyakan, sebab akhirnya membuat Leclerc sulit kembali mengambil posisi terdepan. Ia sempat kembali berada di posisi dua, namun disalip Russell di lap ke-54. Dari situ, ia kembali masuk pit dan mengganti ban menjadi soft.

Namun situasinya sudah telat. Carlos Sainz dan Hamilton yang lebih dulu memakai ban soft sudah bergerak jauh meninggalkannya. Demikian pula Russell dan Verstappen yang memakai medium. Akhirnya pebalap Monako itu finis keenam.

Verstappen mengambil kemenangan kedelapan musim ini, sementara Hamilton finis kedua, disusul Russell, Sainz, dan Sergio Perez. Lagi-lagi, Leclerc mendapat kerugian dari strategi Ferrari yang buruk.

Di cooldown room seusai balapan, Hamilton sempat membahas soal ban yang dipakai Leclerc. Verestappen dan Russell pun bergantian menjawabnya disertai tawa kecil.

Hamilton: Mereka (Ferrari) tadi pakai ban hard?

Verstappen, kemudian disusul Russell: Yeah.

Leclerc sendiri diketahui mencak-mencak dengan keputusan itu. Apalagi ia akhirnya gagal podium untuk kali kedua secara beruntun, membuat jarak dengan Verstappen kian jauh. Pemilihan ban itu disebutnya sebagai "bencana."

Saat ini, Verstappen memimpin klasemen dengan 258 poin, termasuk delapan kemenangan dalam 13 balapan yang sudah digelar. Ia unggul 80 poin dari Leclerc di posisi dua.

Leclerc bahkan kini harus mewaspadai para driver di bawahnya. Jarak antara dirinya dengan Hamilton di posisi enam klasemen kini tersisa 32 poin. Di antara mereka berdua, terselip Perez, Russell, dan Sainz. Klasemen F1 bisa dicek di link berikut ini.

Setelah GP Hungaria, F1 2022 akan menjalani jeda musim panas selama empat pekan. Balapan berikutnya yakni GP Belgia yang digelar di Spa-Francorchamps pada 28 Agustus mendatang.

(adp/mrp)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT