ADVERTISEMENT

Drama Bursa Pebalap F1 2023: Piastri 'Menolak' Gabung Alpine

Adhi Prasetya - Sport
Rabu, 03 Agu 2022 08:10 WIB
BARCELONA, SPAIN - MAY 20: Oscar Piastri of Australia, Alpine F1 Reserve Driver walks in the Paddock prior to practice ahead of the F1 Grand Prix of Spain at Circuit de Barcelona-Catalunya on May 20, 2022 in Barcelona, Spain. (Photo by Mark Thompson/Getty Images)
Piastri membantah akan membalap untuk Alpine di F1 musim depan. Foto: Getty Images/Mark Thompson
Jakarta -

Sebuah drama terjadi di bursa transfer Formula 1 2023. Alpine mengumumkan bahwa Oscar Piastri akan menjadi salah satu pebalap mereka musim depan. Namun beberapa jam setelahnya, sang driver mengeluarkan bantahan!

"Saya memahami bahwa, tanpa persetujuan saya, Alpine F1 telah mengeluarkan pernyataan bahwa saya akan membalap untuk mereka tahun depan. Itu salah dan saya belum meneken kontrak dengan Alpine untuk 2023. Saya tak akan membalap untuk mereka tahun depan," ujar Piastri dalam cuitannya.

Bantahan Piastri muncul tak sampai dua jam sejak Alpine mengumumkan susunan pebalap baru untuk musim depan. Sebelumnya, pabrikan Prancis itu menyebut dirinya akan berduet bersama Esteban Ocon, menggantikan Fernando Alonso yang pindah ke Aston Martin.

Situasi ini membuat situasinya heboh dan publik mempertanyakan apa langkah Alpine selanjutnya, dan bagaimana masa depan Piastri. Satu yang pasti, saat ini satu kursi Alpine masih kosong.

Motorsport melaporkan bahwa Piastri mengeluarkan bantahan karena sedang bernegosiasi dengan McLaren. Pebalap Australia itu disebut akan menggantikan Daniel Ricciardo yang performanya tak sebagus musim lalu.

Hanya saja, situasinya amat rumit karena Ricciardo, yang juga dari Australia, terikat kontrak sampai 2023, dan hanya bisa diputus jika sang pebalap menginginkan demikian.

Kemungkinan, McLaren akan mengajukan kontrak jangka panjang kepada Piastri untuk 'menekan' Ricciardo, sehingga ia memutuskan untuk pindah. Masih dinanti apakah Piastri jadi ke McLaren atau tidak, dan bagaimana nasib Ricciardo. McLaren belum mengeluarkan komentar apapun soal ini.

Ada laporan bahwa Alpine wajib memberikan jaminan kepada Piastri, yang merupakan juara Formula 2 tahun lalu, bahwa ia akan membalap di F1 pada 2023 sebelum 31 Juli kemarin. Namun hingga batas waktu dilewati, Alpine tak kunjung memberikan jawaban, sehingga Piastri 'bergerak sendiri'.

Piastri sendiri berstatus pebalap jebolan akademi Alpine dan bertugas sebagai pebalap tes mereka di F1 musim ini.

(adp/raw)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT