ADVERTISEMENT

Alonso: Hamilton Idiot, Ganggu Jalur Balapan Orang Lain

Adhi Prasetya - Sport
Senin, 29 Agu 2022 06:15 WIB
Mercedes British driver Lewis Hamilton (R) collides with Alpines Spanish driver Fernando Alonso (C) near Ferraris Spanish driver Carlos Sainz Jr (L) arrives ahead of the Belgian Formula One Grand Prix at Spa-Francorchamps racetrack at Spa, on August 28, 2022. (Photo by JOHN THYS / AFP) (Photo by JOHN THYS/AFP via Getty Images)
Momen mobil Hamilton terpental usai menabrak mobil Alonso. Foto: AFP via Getty Images/JOHN THYS
Stavelot -

Fernando Alonso amat kesal dengan manuver Lewis Hamilton dalam balapan F1 GP Belgia 2022. Driver 41 tahun itu pun spontan mengeluarkan umpatan kepada juara dunia tujuh kali tersebut.

Pada balapan di Spa-Francorchamps, Minggu (29/8), Alonso memulai balapan dari grid ketiga dan Hamilton di urutan empat. Pada lap pertama, keduanya sudah bersaing merebut posisi. Di tikungan 5, insiden antara keduanya tak terhindarkan.

Hamilton, yang berada di sisi luar, berusaha menyalip Alonso, namun justru akhirnya bertabrakan dengan pebalap Spanyol tersebut. Roda depan Hamilton berada di depan mobil Alonso saat memasuki tikungan, namun mobilnya masuk ke jalur balapan Alonso.

Alonso pun kesal dengan aksi Hamilton yang mengganggu balapannya. Cacian langsung terlontar dari mulutnya saat berbicara kepada tim Alpine, dan terdengar jelas lewat siaran radio tim.

"Betul-betul idiot! Menutup jalur dari sisi luar. Start kita sudah bagus, tapi orang ini (Hamilton) cuma paham soal balapan dari posisi terdepan," ujar Alonso ketus.

Tabrakan itu tak berakibat fatal bagi Alonso, namun mobil Hamilton mengalami kerusakan serius. Pebalap Mercedes itu pun akhirnya tak mampu melanjutkan balapan dan menyetop mobilnya di pinggir trek pada lap kedua.

Alonso terus melanjutkan balapan dan akhirnya finis di posisi keenam, namun akhirnya naik ke posisi lima setelah Charles Leclerc dihukum penalti lima detik karena melanggar batas kecepatan di pit lane. Ia pulang dari Belgia dengan membawa 10 poin.

Insiden itu sempat dicek oleh para steward dari FIA, namun tak ada hukuman apapun yang diberikan kepada Hamilton ataupun Alonso. FIA beralasan kejadian tersebut merupakan insiden yang biasa terjadi di lap pertama, saat jarak antar mobil masih rapat sehingga gerak satu sama lain bisa mempengaruhi.

Dalam wawancara usai balapan, Hamilton mengakui bertanggung jawab dalam insiden tersebut. Namun ia tak tertarik untuk bicara dengan Alonso, terutama setelah mendengar umpatan sang senior kepadanya.

Lihat juga video 'Sebastian Vettel Umumkan Pensiun dari F1 Akhir Musim Ini':

[Gambas:Video 20detik]



(adp/raw)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT