Foto Sport

Sharapova Positif Doping

pool - Sport
Selasa, 08 Mar 2016 11:41 WIB

Jakarta - Petenis asal Rusia, Maria Sharapova, membuat pengumuman mengejutkan. Sharapova mengungkapkan bahwa dia gagal melewati tes doping di Australia Terbuka lalu.

Sharapova mengungkapkan fakta tersebut dalam sebuah konferensi pers di Los Angeles, California, Amerika Serikat, Senin (7/3/2016) waktu setempat. Kevork Djansezian/Getty Images.
Mantan petenis nomor satu dunia itu mengungkapkan bahwa dia gagal melewati tes doping di Australia Terbuka setelah terbukti positif mengonsumsi meldonium. "Selama 10 tahun terakhir, saya sudah diberi obat bernama mildronate oleh dokter keluarga dan itu juga punya nama lain meldonium, yang tidak saya ketahui." ujar Maria. Kevork Djansezian/Getty Images.
Sharapova menyerahkan sampel anti-doping pada 26 Januari, hari di mana dia menelan kekalahan dari Serena Williams di perempatfinal Australia Terbuka. WADA (Badan Antidoping Dunia) kemudian menganalisisnya dan menyatakan bahwa petenis peringkat tujuh dunia itu positif mengonsumsi meldonium yang mulai 1 Januari lalu masuk ke dalam daftar zat yang dilarang. Kevork Djansezian/Getty Images.
Meldonium digunakan untuk mengobati sakit pada dada dan serangan jantung. Namun beberapa peneliti mengaitkannya sebagai obat untuk meningkatkan performa dan daya tahan. Sharapova mengaku pertama kali mendapat obat ini pada tahun 2006 dari dokter keluarga karena masalah kesehatan yang dia alami. Kevork Djansezian/Getty Images.
Akibat masalah ini, Sharapova untuk sementara diskors mulai 12 Maret dan terancam hukuman berat hingga empat tahun. Petenis yang pada April mendatang akan berusia 29 tahun itu berharap masih bisa kembali bermain di masa depan. Kevork Djansezian/Getty Images.
Sharapova Positif Doping
Sharapova Positif Doping
Sharapova Positif Doping
Sharapova Positif Doping
Sharapova Positif Doping