detikSport
Follow detikSport Linkedin share
Kamis, 17 Sep 2015 14:33 WIB

Hamilton Driver F1 Terpopuler di Medsos, tapi Masih Jauh dari Cristiano Ronaldo

Kris Fathoni W - detikSport
Olahan (AFP/Getty Images)
Jakarta - Saat ini Lewis Hamilton dicatat sebagai pebalap F1 paling populer di media sosial. Tetapi popularitasnya itu masih kalah jauh jika dibandingkan dengan pesepakbola Cristiano Ronaldo.

Dalam studi statistik Sky Sports yang mendasarkan pada tiga medsos top saat ini--Twitter, Facebook, dan Instagram, Hamilton dicatat sebagai pemenang di antara para pebalap F1 lainnya.

Per Agustus 2015, Hamilton punya 2,9 juta follower di Twitter, 3,3 juta 'like' di laman resmi Facebook-nya, dan juga 1,6 juta lain yang setia memantau foto-foto teranyarnya di Istagram. Totalnya adalah 7,77 juta.

Bahkan jika menggabungkan pebalap F1 terpopuler kedua dan ketiga di medsos, Fernando Alonso (total 4,04 juta) dan Jenson Button (3,21 juta), Hamilton juga masih unggul tipis.

"Mayoritas pebalap F1 memiliki ketiga akun-akun itu dan rutin memperbaruinya. Tetapi dua pebalap Ferrari, Sebastian Vettel dan Kimi Raikkonen, tidak aktif di medsos," tulis Sky Sports.

Bicara mengenai tim, Mercedes yang dibela Hamilton bersama Nico Rosberg bertengger di posisi teratas dengan total 12,08 juta, lebih dua kali lipat Red Bull (5,83 juta) dan Ferrari (4,91 juta) di posisi berikutnya. "Di Twitter cuma ada perbedaan sekitar 60 ribu follower antara Mercedes dengan Ferrari, tetapi tim juara bertahan tersebut punya eksistensi lebih dominan di Facebook dan Instagram."

Namun demikian, statistik F1 dengan dikomandani Hamilton dan Mercedes itu masih kalah dibandingkan atlet dan olahraga lain, khususnya dalam bidang sepakbola.

Bicara sosok, pesepakbola Portugal Cristiano Ronaldo dicatat sebagai yang paling populer di dunia medsos. Sampai dengan bulan lalu Ronaldo punya 37,5 juta follower di Twitter, 105,94 juta 'like' di laman resmi Facebook-nya, dan juga 28 juta lain yang setia memantau foto-foto teranyarnya di Istagram. Totalnya adalah 171,44 juta.

Tim Mercedes juga harus mengakui keunggulan klub-klub sepakbola dengan Barcelona, Real Madrid, dan Manchester United sebagai yang paling dominan di medsos sampai dengan bulan lalu.

(krs/fem)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksport.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com