detikSport
Follow detikSport Linkedin share
Kamis, 31 Des 2015 14:43 WIB

Kena, Deh! Tentang Salto Marquez dan Rossi-Pedrosa ke Suzuki di 2017

Kris Fathoni W - detikSport
Getty Images/Mirco Lazzari gp
Jakarta -

Di awal pekan muncul video Marc Marquez melakukan salto tinggi ke udara di motokros. Juga ada kabar Dani Pedrosa dan Valentino Rossi ke Suzuki pada 2017. Ini faktanya.

Beberapa hari lalu di kanal Youtube-nya Marquez mengunggah sebuah video menarik saat itu berguru dengan seorang freestyler motor Daniel Torres.

Yang mencengangkan, video ini juga berisikan aksi Marquez menggeber motokros menaiki sebuah papan ke atas lalu bersalto 360 derajat di udara lalu mendarat lagi dengan sukses!



Aksi Marquez itu tentu jadi bahan omongan. Apalagi adegan semacam itu sudah tentu mengandung risiko, bahkan untuk yang sudah pakar sekali pun. Tidakkah Marquez takut cedera?

Akan tetapi, ada pula yang curiga dengan video tersebut. Diambil dengan satu kali pengambilan saja, Marquez tampak sedemikian lihai bak seorang rider freestyle sebenar-benarnya.

Usut punya usut, rupanya itu semua cuma hasil dari apiknya trik dan editan kamera kru Red Bull Spanyol saja. Aslinya Marquez tidak sampai jungkir balik di udara dan digantikan pemeran pengganti.



Ia memang melaju di atas motor menuju papan, tapi meluncur ke pinggir dan menunggu di samping gundukan tanah. Marquez gadungan lalu menggeber motor dengan cara serupa, bedanya ia benar-benar melakukan salto ke udara, mendarat, kemudian menemui Marquez asli untuk bertukar peran lagi.



Sisanya adalah pintar-pintarnya merangkai seluruh kejadian tersebut saja untuk jadi video yang membuat juara dunia MotoGP 2013 dan 2014 asal Spanyol itu terlihat seperti melakukan salto udara nan otentik.



Marquez sendiri pada prosesnya menuturkan kalau dirinya tidak benar-benar melakukan seluruh rangkaian aksi berbahaya itu--walaupun mungkin saja mampu. Ia menyatakan itu semua cuma bagian dari "April Mop"-nya Spanyol--El Dia de los Santos Inocentes, atau hari Holy Innocents, yang jatuh pada tanggal 28 Desember lalu.

 
Red Bull Spanyol, lewat akun Twitter-nya, pun ikut meramaikan "hari mengerjai" itu dengan memberikan tautan ke video lengkap pembuatan salto Marquez tersebut.

 
Nah, pada hari yang acapkali juga cuma disebut dengan "inocentada", atau kira-kira "lelucon", itu ramai-ramai bukan cuma datang dari aksi salto wow dari Marquez saja.

Di hari yang sama muncul pula kabar fenomenal: Suzuki akan menduetkan Valentino Rossi dan Dani Pedrosa di MotoGP 2017!

Salah satu yang melansir kabar tersebut adalah media AutoEvolution.com dengan judul artikel "Valentino Rossi dan Dani Pedrosa bersama Suzuki di 2017". Namun, paragraf terbawah artikel tersebut juga memunculkan tulisan berikut:

"Tak ada pihak terkait yang dapat dikontak, sangat mungkin karena ini tanggal 28 Desember, Dia de Los Santos Inocentes, hari di musim dingin yang serupa dengan April Mop."

Kena, deh!


(krs/mfi)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksport.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com