Umar Syarief yang Ternyata Gandrung Zumba

Amalia Dwi Septi - Sport
Kamis, 29 Sep 2016 18:17 WIB
Foto: Amalia Dwi Septi/detikSport
Jakarta - Olahraga Zumba belum banyak dikenal masyarakat Indonesia. Tapi olahraga rekreasi itu kini mulai digandrungi dan disosialisasikan oleh atlet karate Indonesia, Umar Syarief.

Siapa yang tidak mengenal Umar Syarief. Atlet karate terbaik yang pernah dipunya Indonesia ini sudah menyumbangkan medali di banyak event olahraga regional, termasuk beberapa emas SEA Games dan medali perak Asian Games.

Ajang PON XIX Jawa Barat 2016 bisa dibilang menjadi event terakhirnya dia bisa menyumbangkan medali. Mewakili kontingen Jawa Timur, Umar baru saja mendapatkan medali emas di nomor 84 kg kumite putera.

Tapi siapa yang menyangka di balik kekuatan dan penampilan yang gagahnya itu, Umar gemar dan aktif melakukan zumba. Zumba adalah kegiatan olahraga yang dilakukan secara berkelompok yang menggabungkan musik, dansa latin dan step aerobic. Belakangan, nama zumba makin sering diperbincangkan karena menjadi salah satu cabang olahraga TAFISA Games 2016 di Ancol.

Umar mengaku mulai mencintai olahraga zumba dari sang istri bernama Ai Lee Syarief sejak 2011. Dia adalah mantan atlet karate wanita dari Swiss itu yang kini menjadi Instruktur Strong by Zumba di Swiss.

"Awalnya karena istri, kami punya dojo center di Swiss. Pertama-tama kaki pasti kaku, tapi lama kelamaan sudah terbiasa hafal koreografinya karena setiap hari dipraktekan," ujar Uma yang kini menetap di Swiss.

Seiring berjalannya waktu olahraga zumba makin berkembang. Jika selama ini dikenal dengan zumba fitnes atau aerobic, kini zumba memiliki kategori lain, yaitu strong by zumba.

Strong by zumba adalah tarian yang lebih berfungsi untuk membentuk otot. Olahraga ini sangat bagus bagi seluruh atlet demi meningkatkan dan menunjang penampilan atau masyarakat biasa.

"Strong by zumba ini sangat bermanfaat untuk otot agar lebih lentur. Tidak hanya atlet, tetapi juga orang biasa wanita atau pria," timpal Ai Lee Syarief yang juga sebagai pencipta koreografi strong by zumba tersebut.

Untuk itu, Umar bersama sang istri dengan Santi Sudarsono, Indonesia Zumba Marketing Agen ingin menggelar master kelas untuk mensosialisasikan olahraga zumba pada Jumat (30/9) di Bandung yang dibuka masyarakat umum.

"Saya ingin memasyarakatkan olahraga zumba khususnya strong by zumba karena ini baru pertama di Indonesia dan berbeda dengan zumba fitnes biasa," kata Santi. (ads/din)