detiksport
Follow detikSport Linkedin share
Selasa, 11 Des 2018 20:04 WIB

Mungkinkah Lewis Hamilton Pindah Jalur ke Balap Motor?

Rifqi Ardita Widianto - detikSport
Lewis Hamilton menggemari motor dan sudah menjajal motor Superbike. (Foto: Clive Mason/Getty Images) Lewis Hamilton menggemari motor dan sudah menjajal motor Superbike. (Foto: Clive Mason/Getty Images)
Jakarta - Lewis Hamilton kembali menjajal motor Superbike baru-baru ini dan keberaniannya dipuji. Mungkinkah juara dunia Formula 1 itu hijrah ke balap motor?

Meski berkarier di dunia balap roda empat, Hamilton menggemari motor. Dia bahkan terpilih jadi duta MV Augusta pada tahun lalu, juga mendapatkan motor edisi spesial F4 LH 44.




Setelah di awal tahun menjajal motor Superbike bersama kompatriotnya yang juga rider MotoGP, Cal Cruthclow, pekan lalu Hamilton kembali ke lintasan dengan roda dua. Dia menunggangi Yamaha YZF-R1 dalam tes yang digelar oleh firma Inggris No Limits dan Pata Yamaha.

Hamilton sempat terjatuh, tapi tak parah. Namun yang dipuji adalah keberaniannya melaju kencang di atas motor. Pebalap Pata Yamaha Michael van der Mark sampai harus memintanya mengurangi kecepatan, karena Hamilton memacu motor begitu kencang dengan pengetahuan menunggangi motor balap yang minim.

Van der Mark menyebut Hamilton punya talenta alami untuk kencang baik dengan mobil maupun motor, tinggal bagaimana memolesnya saja. Yang pasti, saat ini driver Mercedes itu relatif cepat dibandingkan sesama awam yang menjajal motor Superbike.




Hanya saja soal berkarier di balap motor, semuanya kembali ke Hamilton.

"Anda lihat dia sama sekali tak takut. Anda juga melihat bahwa dia tak punya keraguan, Anda melihat banyak pebalap yang punya sedikit keraguan. Tapi dia habis-habisan kalau sudah memutuskan untuk melakukannya," ungkap Van der Mark dikutip Autosport.

"Begitu juga di balap mobil, itu adalah talenta alaminya. Dia pastinya bisa menunggangi motor, tapi saya tak tahu seberapa kencang dia bisa melaju. Saya tahu dia bisa jauh lebih kencang, tapi sulit memprediksi apa yang bisa dia lakukan di atas motor."

"Dia baru menunggangi motor ini selama empat hari dan dia sekitar tujuh detik lebih lambat dari kami. Tapi dengan itu, dia sudah lebih cepat dari kebanyakan sesama pebalap tes lainnya. Anda bisa melihat dia punya talenta spesial, tapi saya tak tahu apakah dia mau melakukan ini secara penuh," tandas juara dunia Supersport ini.

(raw/nds)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed