detikSport
Follow detikSport Linkedin share
Kamis, 10 Okt 2019 13:06 WIB

Astronot Rusia Mengenang Asyiknya Main Bulutangkis di Luar Angkasa

Femi Diah - detikSport
Astronot Rusia, Alexander Misurkin, mengungkapkan asyiknya bermain bulutangkis di luar angkasa. (Bill Ingalls/NASA via Getty Images) Astronot Rusia, Alexander Misurkin, mengungkapkan asyiknya bermain bulutangkis di luar angkasa. (Bill Ingalls/NASA via Getty Images)
Jakarta - Astronot dari Rusia, Alexander Misurkin, menginisiasi pertandingan bulutangkis di luar angkasa. Dia mengungkapkan asyiknya bertanding badminton jauh dari bumi.

Misurkin membuat pertandingan ekshibisi itu pada Februari 2018. Dia mengajak tiga astronot lain, Joseph Acaba, Mark Vande Hei, dan Norishige Kanai, untuk menggelar pertandingan bulutangkis ganda putra.

Menariknya, pertandingan tak dilangsungkan di bumi. Misurkin, yang waktu itu menjadi komandan di stasiun luar angkasa internasional (ISS), mengajak rekan-rekannya bertanding saat bertugas di ISS.


Dengan stasiun luar angkasa yang tak memiliki gravitasi bumi, aturan bulutangkis pun disesuaikan. Dari video yang diunggah oleh BWF terlihat mereka tak berdiri sejajar. Kok yang digunakan pun dibiarkan melayang-layang saat permainan belum dimulai.

[Gambas:Youtube]


Misurkin menyebut ISS memang cukup luas sehingga memungkinkan untuk melakukan olahraga, di antaranya treadmill, bersepeda, dan bulutangkis. Nah, bagi Misurkin, yang juga membuat rekor dalam jalan kaki di luar angkasa paling lama dalam tempo 8 jam dan 13 menit, bulutangkis memiliki imbas positif kepada awal pesawat luar angkasa karena menumbuhkan atmosfer psikologi dalam kerja sama tim. Dia menyebut kepuasannya setara dengan menanam pohon di planet Mars.

"Sangat menyenangkan teman saya, setelah pertandingan, bilang kami harus membuat modul spesial untuk bertanding bulutangkis di masa depan karena ini sangat menyenangkan untuk berlatih. Dia bicara tentang pesawat luar angkasa yang bisa terbang menjauhi bumi," kata Misurkin seperti dikutip BWF.

"Ini berimbas bagus kepada atmosfer psikologi grup. Jika kami membuat modul khusus, itu sekaligus menjadi latihan fisik kami. Hal terbesar yang kami dapatkan adalah kami memiliki instrumen untuk menjaga atmosfer psikologis," dia menambahkan.

Bulutangkis memang bukan olahraga asing buat Misurkin. Dia merupakan juara turnamen Star Shuttle, kejuaraan bulutangkis di hari Kosmonot. Selain itu, Misurkin merupakan pendiri Federasi Bulutangkis Orel.



Simak Video "Garuda Muda Juara Dunia Badminton Junior 2019"
[Gambas:Video 20detik]
(fem/cas)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksport.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com